DETAIL DOCUMENT
Penerapan Pembelajaran Tematik Tema 2 Kegemaranku Kelas 1 A melalui Metode Demonstrasi di MI Hidayatul Mubtadiin Tasikmadu
Total View This Week0
Institusion
Universitas Islam Malang
Author
Astuti
Subject
Pembelajaran Tematik 
Datestamp
2020-11-20 03:22:03 
Abstract :
Kata Kunci: Pembelajaran Tematik, Tema 2 Kegemaranku, Metode Demonstrasi Pendidikan merupakan salah satu cara untuk membentuk generasi yang berkualitas, metode pelajaran tidak dapat diaplikasikan tanpa adanya guru, tergantung dari kreatifitas guru masing-masing dalam menyampaikan pembelajaran. Hal tersebutlah yang melatar belakangi MI Hidayatul Mubtadiin Tasikmadu agar peserta didik dapat meningkat semangat belajar melalui metode demonstrasi yang diterapkan oleh guru. Oleh karena itu, penggunaan metode pelajaran sangat sangat penting untuk wawasan dan kemajuan kreatifitas peserta didik sehingga peserta didik dapat mengetahui tidak hanya dari materi tetapi dari segi percobaan secara langsung. Berdasarkan observasi pembelajaran tematik merupakan pembelajaran yang melibatkan peserta didik dalam proses belajar atau mengarahkan anak secara aktif terlibat dalam proses pembelajaran dan membuatan keputusan, dimana dalam pembelajaran tematik ini lebih menekankan pada penerapan konsep belajar sambil melakukan sesuatu sehingga guru dapat membuka ruang yang luas bagi peserta didik untuk mengalami sebuah pengalaman belajar yang lebih bermakna, berkesan, dan menyenangkan dengan menggunakan metode demonstrasi. Latar belakang penelitian di atas maka peneliti merumuskan masalah, yakni penerapan pembelajaran tematik tema 2 kegemaranku kelas I A melalui metode demonstarsi, kendala guru dalam penerapan Pembelajaran tematik tema 2 kegemaranku kelas I A melalui metode demonstrasi, solusi guru dalam menerapkan pembelajaran tematik tema 2 kegemaranku melalui metode demonstrasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan tentang penerapan pembelajaran tematik tema 2 kegemaranku kelas I A melalui metode demonstarsi, kendala guru dalam penerapan pembelajaran tematik tema 2 kegemaranku kelas I A melalui metode demonstrasi, solusi guru dalam menerapkan pembelajaran tematik tema 2 kegemaranku melalui metode demonstrasi. Untuk mencapai tujuan dari penelitian di atas dilakukan dengan jenis penelitian studi kasus. Peneltian di lakukan di MI Hidayatul Mubtadiin Tasikmadu. Prosedur pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode wawancara yang merupakan metode pengumpulan data dengan menggunakan tanya jawab secara lisan dengan sumber penelitian dan metode dokumentasi yaitu mencari data mengenai hal-hal yang berupa catatan, transkrip, laporan-laporan, agenda dan sebagainya. Dalam penelitian ini, penerapan pembelajaran tematik tema 2 kegemaranku kelas I A melalui metode demonstrasi, pada pembelajaran tematik yang di terapkan guru kepada siswa, selain menggunakan metode demonstrasi guru juga menggunakan metode lainnya sehingga siswa tidak mudah bosan terutama pada pelajaran tematik yang merupakan pelajaran tidak hanya pada materi tetapai lebih aktif dalam bereksperimen sehingga siswa lebih berkreasi. Oleh karena itu, pengupayaan guru untuk lebih berkreasi dalam menerapkan suatu metode pembelajaran yaitu guru bisa menggunakan macam-macam metode dalam pembelajaran dengan metode pembelajaran langsung yaitu metode yang dilakukan secara langsung, guru menggunakan metode demonstrasi pada pembelajaran tematik ini sangat cocok karena materi pada pembelajaran tematik banyak menggunakan suatu percobaan yang harus di lakukan siswa agar siswa lebih mudah memahami dan aktif berkreasi baik di dalam kelas maupun di luar kelas, karena dalam pembelajaran tematik ada beberapa sub tema dimana dalam sub tema terdiri dari beberapa pelajaran misalanya pelajaran SBDP terdapat suatu percobaan membuat cetakan dari tanah liat dan membuat cetakan dari bahan alam dengan warna. Pada pembelajaran tematik didapatkan hasil temuan penelitian bahwa siswa diterapkannya dengan metode demonstrasi dimana metode ini lebih menekankan siswa untuk mandiri dalam melakakan suatu percobaan dengan memperagakan barang, kejadian, aturan, dan urutan melakukan suatu kegiatan, baik secara langsung maupun melalaui penggunaan media di dalam kelas dan di luar kelas di dampingi oleh guru. Dalam pembelajaran tematik yang diterapkan kepada siswa dengan metode demonstrasi , guru berupaya mengaitkan pekajaran yang ada pada buku paket dengan benda yang ada di lingkungan sekitar, misalnya siswa melakukan sutu mencoba dengan memanfaatkan tumbuhan disekitar lingkungan kemudian melakukan sebuah percobaan tersebut dengan mencetak, dengan demikian siswa akan lebih berkreatifitas sesuai dengan minat siswa sehingga siswa temotivasi dan aktif untuk belajar. Pada pembelajaran tematik, ada beberapa kendala yang dialami guru dalam penerapan pembelajaran tematik melalui metode demonstrasi yaitu dari segi sarana prasarana di dalam kelas, kesehatan guru sehingga untuk pelaksanaan pembelajaran kurang efektif dan terdapat beberapa siswa ada yang aktif dalam kelas dan ada yang pendiam sehingga sulit bagi guru untuk mengatasinya serta keterbatasan waktu dalam penerapan oleh guru selama proses pembelajaran tematik karena dalam pembelajaran te 

Institution Info

Universitas Islam Malang