DETAIL DOCUMENT
Pengembangan Bahan Ajar Teks Deskripsi dengan Menggunakan Pendekatan Saintifik untuk Siswa Kelas VII MTS Hasyim Asy’ari Batu
Total View This Week0
Institusion
Universitas Islam Malang
Author
Andriadin
Subject
Pengambangan 
Datestamp
2020-12-08 04:11:11 
Abstract :
Buku merupakan media yang sangat berperan penting dalam dunia pendidikan, yakni meningkatkan peserta didik dalam berbagai aspek yang positif. Sebagaimana pepatah mengatakan bahwa buku adalah jendela dunia. Hal tersebut dapat diartikan bahwa buku merupakan salah satu jalan untuk menentukan kemajuan dunia. Buku yang diberikan kepada peserta didik harus sesuai dengan tingkat pendidikan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan bahan ajar teks deskripsi dengan menggunakan pendekatan saintifik untuk siswa kelas VII MTs Hasyim Asy?ari Batu. Spesifikasi produk yang diharapkan dalam pengembangan ini adalah bahan ajar dengan karakteristik (1) wujud, (2) isi dan cakupan, (3) sistematika, (4) bahasa, dan (5) kegrafikan. De gan adanya pengembangan bahan ajar ini, diharapkan mampu mendukung program pembelajaran pada teks deskripsi. Langkah-langkah penelitian atau proses pengembangan ini terdiri atas kajian tentang temuan penelitian produk yang dikembangkan, mengembangkan produk berdasarkan temuan-temuan tersebut, melakukan uji coba kelompok kecil sesuai dengan latar produk tersebut dipakai, dan melakukan revisi terhadap hasil uji coba kelompok kecil. Model pengembangan penelitian ini menggunakan rancangan penelitian pengembangan model 4D. Model pengembangan 4-D terdiri dari empat tahap pengembangan, yaitu define, design, develop, dan disseminate atau diadaptasikan menjadi model 4-P (model 4-P), yaitu pendefinisian, perancangan, pengembangan, dan penyebaran. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah pengembangan, yaitu pada pedoman wawancara, lembar validasi, dan angket respon siswa. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis deskripsi kualitatif dan kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan bahwa dengan menggunakan pendekatan saintifik bahan ajar teks deskripsi dapat menambah pemahaman, pengetahuan, dan wawasan yang lebih luas tentang materi teks deskripsi dengan aktivitas belajar yang menyenangkan dan tidak membosankan. Dari hasil validasi ahli materi menunjukan nilai 85% hal ini berarti bahan ajar layak diimplementasikan dengan sedikit revisi. Angket yang digunakan dalam x menilai kegrafikan bahan ajar 22 butir pernyataan yang harus diisi oleh ahli rancangan dan model pembelajaran setelah menelaah buku ajar yang telah diberikan oleh pengembang. Hasil bahan ajar yang dikembangkan dapat disimpulkan persentase penilaian 87% menunjukkan bahwa bahan ajar cukup valid dan perlu adanya revisi. Setelah bahan ajar ini dinyatakan valid oleh validasi ahli dan praktisi, selanjutnya buku ajar Mari Belajar Kreatif Dengan Teks Deskripsi diujicobakan kepada siswa dan divalidasi dengan menggunakan angket respon siswa terhadap pembelajaran bahasa Indonesia pada materi teks deskripsi. Dari hasil analisis angket respon siswa 87% siswa sangat setuju bahasa yang digunakan dalam buku mari belajar kreatif dengan teks deskripsi. Dalam penelitian ini dikembangkan bahan ajar teks deskripsi dengan menggunakan pendekatan saintifik yang valid dan efektif. Pengembangan bahan ajar ini menggunakan pengembangan 4-D. Pengembangan ini terdiri dari empat tahap pengembangan, yaitu define, design, develop, dan disseminate atau diadaptasikan menjadi 4-P, yaitu pendefinisian, perancangan, pengembangan, dan penyebaran. Dari hasil analisis angket respon guru diperoleh nilai 85,1% hal ini menunjukan bahwa bahan ajar layak diimplementasikan pada pembelajaran bahasa Indonesia khususnya teks deskripsi. 

Institution Info

Universitas Islam Malang