DETAIL DOCUMENT
Mengembangkan Materi Bahasa Inggris Praktis sebagai Materi Penunjang Belajar untuk Kelas Intermediate Program Bahasa Inggris di MA Bilingual Batu
Total View This Week0
Institusion
Universitas Islam Malang
Author
Syah, Supian
Subject
Bahasa Inggris Praktis 
Datestamp
2020-12-11 03:20:56 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan materi Bahasa Inggris praktis untuk kelas Intermediate di Sekolah Menengah Bilingual Batu. Buku itu dikembangkan berdasarkan hasil analisis kebutuhan di sekolah tersebut. Oleh karena itu, buku ini dapat menarik minat siswa untuk belajar bahasa Inggris untuk komunikasi yang berkaitan dengan kehidupan nyata. Materi tersebut juga diharapkan dapat memotivasi siswa untuk berani berbicara Bahasa Inggris. Penelitian ini mengadaptasi dua model penelitian dan pengembangan: model Borg dan Gall (1983) dan Dick and Carey (2001). Model yang digunakan dalam penelitian dan pengembangan ini terdiri dari beberapa langkah; meliputi penelitian dan pengumpulan informasi, perencanaan, dan pengembangan draf awal, validasi ahli, uji coba 1, revisi 1, uji coba 2, revisi 2 dan produk akhir. Materi tersebut merupakan hasil analisis kebutuhan yang dilakukan. Setelah mendapatkan data dan informasi kemudian diikuti oleh perencanaan dan penyusunan bahan yang relevan. Langkah selanjutnya adalah mengembangkan draft awal. Langkah ini dilakukan dengan menggunakan angket Ada beberapa saran dari guru, dan siswa terkait perbaikan draft awal sebelum dievaluasi oleh ahli. Terakhir, ahli memberikan nilai 88 untuk tiga aspek; bahasa, desain, dan isi. Dari hasil uji coba yang dilakukan oleh guru dan siswa didapatkan beberapa revisi positif untuk perbaikan produk. Nilai yang didapatkan pada uji coba 2 adalah 92 dari yang semula hanya 88 pada uji coba 1. Buku Bahasa Inggris praktis ini terdiri dari enam bab, yaitu penyesuaian budaya, komunikasi non-verbal, hubungan, persahabatan, pendidikan dan olahraga. Penjelasan di atas menunjukkan bahwa materi tersebut relevan untuk kelas intermediate di MA Bilingual Batu. Hal tersebut diperkuat dengan hasil uji coba terakhir yang menunjukkan pendapat positif tentang peningkatan bahan ajar tersebut. Materi ini diharapkan dapat memberikan manfaat bagi siswa untuk belajar Bahasa inggris untuk kepentingan komunikasi 

Institution Info

Universitas Islam Malang