DETAIL DOCUMENT
Pengaruh Penggunaan Strategi Afektif Terhadap Kemampuan Membaca dan Menulis Pada Pembelajaran Teks Fabel Siswa Kelas Vii Smp Annur Al-Muntahy
Total View This Week0
Institusion
Universitas Islam Malang
Author
Fahriyah, Kinanatul
Subject
Strategi Afektif 
Datestamp
2020-12-15 03:44:14 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh penggunaan strategi afektif pada kemampuan membaca dan kemampuan menulis dalam pembelajaran teks fabel untuk siswa kelas VII SMP An Nur Al-Muntahy, dan mampu memperoleh penggunaan strategi afektif deskriptif yang obyektif, seperti serta mampu memperoleh deskriptif objektif tentang kemampuan membaca dan menulis siswa. Penelitian ini diarahkan untuk mendapatkan jawaban yang pasti dari kemungkinan ada atau tidaknya pengaruh antara penggunaan strategi afektif terhadap kemampuan membaca dan menulis siswa kelas VII SMP An Nur Al-Muntahy. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain penelitian ex post facto menggunakan analisis data uji One Way Annova untuk mengetahui seberapa besar pengaruh penggunaan strategi afektif terhadap kemampuan membaca dan menulis dalam pembelajaran teks fabel siswa kelas VII An Nur Al-Muntahy Senior hight Sekolah. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada pengaruh penggunaan strategi afektif pada kemampuan membaca dan menulis siswa kelas VII SMP An Nur AlMuntahy. siswa. Karena hasil penelitian menunjukkan nilai menggunakan strategi afektif memperoleh jumlah (sum2378), dengan skor rata-rata 82, dan skor tertinggi 97 sedangkan skor terendah adalah 70. Selanjutnya, pada tahap pemberian kemampuan membaca untuk sampel atau siswa yang dilakukan melalui memberikan tes tertulis pemahaman membaca, menunjukkan nilai kemampuan membaca dengan angka (?2531), dengan nilai rata-rata 74 dan nilai maksimum tertinggi yang dicapai 85 sedangkan nilai paling ringan mencapai 56. Kemudian dalam tahap pengujian kemampuan menulis dilakukan dengan memberikan tes tertulis dalam bentuk tugas menyusun cerita fabel, menunjukkan nilai kemampuan menulis (?2255) dengan nilai rata-rata 78 dan nilai maksimum tertinggi yang dicapai 95 sedangkan yang paling ringan nilai yang dicapai 60. Selanjutnya, data tentang hasil penggunaan strategi afektif pada kemampuan membaca dan menulis dilakukan oleh tes One Way Annova dengan menganalisis menggunakan SPSS.20 dilakukan dua kali pada masing-masing kemampuan kemampuan membaca dan menulis. Dari hasil analisis statistik menggunakan uji OneWay Annova dapat dilihat bahwa nilai sig dalam tabel uji OneWay Annova menggunakan strategi afektif pada kemampuan membaca adalah 0,005 <0,05, sedangkan nilai sig pada tabel uji OneWay Annova menggunakan strategi afektif pada kemampuan menulis yaitu 0,005 <0,05. Dengan demikian, peneliti menyimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan dalam penggunaan strategi afektif pada kemampuan membaca dan menulis dalam pembelajaran teks fabel. Setelah itu untuk mengetahui seberapa besar perbedaan rata-rata pengaruh penggunaan strategi afektif terhadap kedua kemampuan tersebut, perlu dilanjutkan dengan Tes Post- Hoc dengan menggunakan Tukey dan Bonferroni.Jika dilihat dari nilai Sig pada masingmasing analisis data di atas yaitu pada kemampuan membaca 0.000<0.05 dan pada kemampuan menulis 0.005<0.05 maka dapat ditarik kesimpulan bahwa penggunaan strategi afektif lebih tinggi pengaruhnya terhadap kemampuan membaca khususnya pada pembelajaran teks fabel bagi peserta didik di kelas VII SMP An Nur Al-Muntahy. 

Institution Info

Universitas Islam Malang