DETAIL DOCUMENT
Upaya Guru Menanamkan Nilai-Nilai Pendidikan Agama Islam Pada Anak Autis Di SLB Hidayatullah Babelan Bekasi
Total View This Week0
Institusion
Universitas Islam 45
Author
Soleha, Diana Putri
Subject
Pendidikan Agama Islam 
Datestamp
2022-09-02 06:45:41 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya guru menanamkan nilai-nilai pendidikan agama Islam pada anak autis di SLB Hidayatullah Babelan Bekasi; untuk mengetahui gambaran perilaku siswa autis terhadap penanaman nilai-nilai agama, untuk mengetahui bagaimana upaya guru ketika penanaman nilai-nilai agama, terdiri dari tujuan, materi dan metode, untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat dari upaya guru dalam menanamkan nilai-nilai pendidikan agama Islam pada Anak Autis di SLB Hidayatullah Babelan Bekasi. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan yang bersifat deskriptif kualitatif yang mengambil latar SLB Hidayatullah Babelan. Penelitian ini berusaha melihat secara mendalam dan memaparkan interaksi guru dalam penanaman nilai-nilai agama pada anak autis. Teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu: Observasi, Wawancara dan dokumentasi. Setelah semua data terkumpul kemudian dilakukan analisis data dengan teknik analisa kualitatif, melalui langkah-langkah sebagai berikut: Pengumpulan data, Penyajian data, Reduksi data dan Penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa upaya guru menanamkan nilai-nilai pendidikan agama Islam pada anak autis itu disesuaikan dengan jenis ketunaanya dan nilai-nilai agama Islam yang akan ditanamkan seperti nilai aqidah, syariah, dan akhlak. Faktor pendukung dari upaya guru dalam menanamkan nilai-nilai pendidikan agama Islam pada anak autis di SLB Hidayatullah Babelan Bekasi menjadi yaitu program sekolah yang mendukung penanaman nilai-nilai pendidikan agama Islam, buku-buku pelajaran yang memadai, dan penghambat dari upaya guru dalam menanamkan nilai-nilai pendidikan agama Islam pada anak autis di SLB Hidayatullah Babelan Bekasi yaitu minimnya sarana dan prasarana yang mendukung, objek yang diajar yaitu anak berkebutuhan khusus, dan tenaga pendidik dan tenaga kependidikan yang belum memadai. Solusi dari faktor penghambat dari upaya guru menanamkan nilai-nilai pendidikan agama Islam yaitu memaksimalkan segala sarana dan prasarana yang ada demi tujuan yang diharapkan. 
Institution Info

Universitas Islam 45