Abstract :
Teknologi yang semakin canggih dimanfaatkan sebagai proses belajar mengajar
untuk memenuhi kebutuhan akademik siswa. Seiring perkembangan zaman,
metode pembelajaran menggunakan gadget sangat diperlukan sebagai proses
belajar mengajar. Manfaat menggunakan gadget dalam pembelajaran dapat
membantu pola interaksi guru dan siswa, sehingga terciptanya proses belajar
mengajar yang cukup efisien. Seperti sekolah SMPN 25 Bekasi yang mengizinkan
siswa-siswinya menggunakan gadget untuk membantu dalam kebutuhan
belajarnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat hubungan
antara Aplikasi Brainly terhadap pemenuhan informasi akademik siswa. Metode
penelitian ini menggunakan pendekata kuantitatif. Jumlah populasi 1.232 siswa.
Pengambilan sampel dilakukan dengan Proportional Sampling dengan
menyebarkan 92 kuesioner. Teori dalam penelitian ini adalah pemenuhan
kebutuhan informasi. Analasisis data menggunakan korelasi product moment
dengan menggunakan program SPSS versi 22. Hasil penelitian menunjukkan
Aplikasi Brainly sebagai Informasi yang lengkap dan ringkas memiliki persentase
95% karena digunakan sebagai media pembelajaran yang efektif untuk metode
belajar, karena terdapat informasi pembelajaran yang dibuat secara lengkap dan
ringkas. Nilai hubungan Aplikasi Brainly sebagai informasi yang spesifik dan cepat
diperoleh hasil 84% siswa sangat setuju. Hal ini dibuktikan dengan nilai korelasi
yang kuat yaitu 0,424. Aplikasi Brainly sebagai Interaksi diperoleh 82% hal ini
dibuktikan dengan nilai korelasi yang kuat yaitu 0,438. Begitu pula dengan Aplikasi
Brainly sebagai Ketergantungan yang diperoleh hasil 79% hal ini dibuktikan
dengan nilai korelasi yang kuat yaitu 0,605.