DETAIL DOCUMENT
UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PASSING PENDEK SEPAKBOLA BERBASIS PERMAINAN SISWA KELAS VII M.Ts HIDAYATUL UMAM CINERE DEPOK
Total View This Week0
Institusion
Universitas Islam 45
Author
Saipul Anwar, Anwar
Subject
Pendidikan Olahraga 
Datestamp
2022-09-12 08:28:48 
Abstract :
ABSTRAKSI Saipul Anwar, NPM: 41182191180275, ?Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Passing Pendek Sepakbola Berbasis Permainan Pada Siswa Kelas VII M.Ts Hidayatul Umam Cinere Depok? Skripsi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Islam ?45? Bekasi Permasalahan dalam skipsi ini adalah apakah melalui pendekatan bermain dapat meningkatkan hasil pembelajaran passing pendek permainan sepakbola pada siswa kelas VII.3 M.Ts Hidayatul Umam Cinere Depok. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan hasil pembelajaran passing pendek permainan sepakbola melalui pendekatan bermain pada siswa kelas VII.3 M.Ts Hidayatul Umam Cinere Depok. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action esearch), sedsngkan subyek dalam penelitian ini adalah, siswa VII.C M.Ts Hidayatul Umam Cinere Depok yang berjumlah. 32 orang. Hasil penelitian telihat peningkatan kemampuan passing pendek permainan sepakbola, obervasi awal menunjukkan hanya 13 orang (40,62%) siswa yang mencapai nilai KKM. Pada siklus 1 terdapat peningkatan yang cukup signifikan menunjukkan hasil 18 orang siswa (56.25%) siswa yang mencapai nilai KKM. Sedangkan pada siklus 2 didapat hasil 26 orang siswa (81.25%) siswa yang mencapai nilai KKM Pada siklus 2 hasil yang dicapai telah sesuai dengan apa yang di targetnya yaitu 80% siswa telah mencapai nilai KKM, dalam hal ini 81,25% siswa telah mencapai nilai KKM, sehingga tidak dilanjutkan pada siklus III Pendekatan bermain pembelajaran passing pendek kepada siswa kelas VII.C M.Ts Hidayatul Umam Cinere Depok dapat memberikan peningkatan aktivitas siswa, dimana minat belajar siswa dapat tumbuh, mereka tertarik dengan model pembelajaran yang bervariasi dan tidak membosankan. Selanjutnya penulis merekomendasikan bahwa, dengan menggunakan pendekatan bermain ini dapat dijadikan suatu alternatif dalam pembelajaran sepakbola khususnya dalam pembelajaran passing pendek. Pembelajaran pendekatan bermain ini dapat memotivasi siswa terhadap proses pembelajaran dan hasil pembelajaran siswa agar lebih baik dan efektif, sehingga dapat memudahkan siswa untuk memunculkan ide atau keterampilan yang mereka miliki, selain itu juga siswa terlihat antusias dalam pelaksanaan pembelajaran. 
Institution Info

Universitas Islam 45