DETAIL DOCUMENT
PENERAPAN METODE AL-BARQY DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN
Total View This Week0
Institusion
Universitas Islam 45
Author
SISWATI, MAYA
Subject
Pendidikan Agama Islam 
Datestamp
2022-05-24 09:35:16 
Abstract :
Maya Siswati. 41182911170083. PENERAPAN METODE AL-BARQY DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR?AN PADA MATA PELAJARAN BTQ DI SMK ISLAM VINAMA 2 BEKASI. Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Agama Islam, Universitas Islam ?45? Bekasi, 2022. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana penerapan metode Al-Barqy dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur?an di SMK Islam Vinama 2 Bekasi dan mengetahui faktor pendukung dan penghambatnya. Penelitian ini dilakukan melalui teknik analisis dari data yang telah didapatkan selama melakukan kegiatan penelitian dan peneliti berupaya menjelaskan dan memaparkan secara rasional, objektif dengan tujuan dan masalah penelitian yang ada. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif naturalistik, yaitu penelitian yang bersumber pada pandangan fenomenologi dan berusaha memahami arti peristiwa dan kaitannya terhadap objek penelitian. Penelitian ini merumuskan bagaimana penerapan metode Al-Barqy dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur?an di SMK Islam Vinama 2 Bekasi? selanjutnya apa saja faktor pendukung dan penghambat dari penerapan metode Al- Barqy dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur?an di SMK Islam Vinama 2 Bekasi? Penelitian ini menemukan setidaknya ada 2 macam temuan yaitu: pertama, Metode Al- Barqy merupakan metode yang digunakan dalam pembelajaran baca tulis Al-Qur?an, disampaikan secara praktis dan dengan menggunakan pendekatan klasikal serta mempunyai empat kata lembaga dalam metode Al-Barqy. Kedua, penerapan metode Al-Barqy di sekolah (1) guru memulai pembelajaran dengan doa pembuka, (2) guru memeriksa absensi peserta didik, (3) guru memberikan materi Al-Barqy (4) kegiata penutup dengan sesi tanya jawab (5) doa penutup. Adapun materi dalam metode Al- Barqy dimulai dari fase pengenalan huruf hijaiyah dengan menggunakan kata lembaga A-DA RA-JA MA-HA KA-YA KA-TA-WA-NA SA-MA LA-BA, pengenalan bunyi a-i-u dengan fathah, kasrah, dhammah, fase pengenalan panjang dan pendek bacaan, fase pengenalan hukum bacaan nun mati dan tanwin, fase pengenalan huruf muqottoah, dan hukum bacaan Qolqolah dan Alif Lam Qomariyyah dan Syamsiyyah. Sehingga peserta didik mudah memahami apa yang disampaikan guru, dan mampu meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur?an pada peserta didik. Ketiga, faktor pendukung dan penghambat penerapan metode Al-Barqy, antara lain faktor pendukung guru yang telah mengajar telah melakukan pelatihan terlebih dahulu, sedangkan faktor penghambatnya kurang nya buku metode Al-Barqy yang tersedia disekolah, dan sedikitnya guru yang mengikuti pelatihan metode Al-Barqy. Kata kunci: Metode, Al-Barqy, Kemampuan Membaca Al-Qur?an. 
Institution Info

Universitas Islam 45