DETAIL DOCUMENT
STRATEGI GURU DALAM MENINGKATKAN ADAB BICARA SISWA KEPADA GURU DI SMPIT AS SABIQUUN SERANG BARU KABUPATEN BEKASI
Total View This Week0
Institusion
Universitas Islam 45
Author
Rahman, Sayyid Abdir
Subject
Etika 
Datestamp
2022-10-12 08:24:29 
Abstract :
ABSTRAK Sayyid Abdir Rahman, Strategi Guru Dalam Meningkatkan Adab Bicara Siswa Kepada Guru di SMPIT As Sabiqqun Serang Baru Kabupaten Bekasi. Program Megister Pendidikan Agama Islam, Sekolah Pascasarjana Universitas Islam 45 Bekasi. Email : Sayyidrohman14@gmail.com, September 2022. Tesis ini bertujuan mengetahui adab bicara siswa kepada guru di SMPIT As Sabiqqun dan strategi yang digunakan guru dalam meningkatkan adab bicara siswa serta faktor pendukung dan penghambat ketercapaian peningkatan adab bicara siswa kepada guru di SMPIT As Sabiqqun Serang Baru, Kabupaten Bekasi. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif, dengan metode penelitian diskripsif kualitatif, yaitu penelitian yang teknik pengumpulan data melalui observasi atau pengamat dilakukan oleh peneliti dalam rangka mencari informasi lapangan yang akurat yang dapat menceritakan situasi dilokasi tersebut, wawancara yang mendalam dengan narasunber di lapangan, dan penunjang data lainya berupa catatan lapangan dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini adalah bahwa siswa SMPIT As sabiqqun dapat mempraktekan adab bicara yang baik dan sesuai kepada guru setelah melewati proses pembinaan oleh guru melalui strategi yang diterapkan sekolah secara intensif, diantara strategi yang digunakan guru dalam meningkatkan adab bicara siswa kepada guru yaitu dengan keteladanan, pembiasaan harian, pemberian hadiah dan hukuman, pengontrolan harian dan sinergi pendidikan dengan orangtua serta pemberian motifasi dan arahan yang dilakukan secara berkala. Adapun faktor pendukung dalam proses peningkatan adab bicara siswa yaitu adanya buku kontrol siswa, aturan sekolah yang baku, kegiatan mabit, pemberian motifasi oleh guru, grup komunikasi dengan orangtua serta organisasi siswa intra sekolah, sedangkan faktor penghambat ketercapaian adab bicara siswa diantaranya kesibukan orangtua dalam bekerja, lingkungan bermain anak yang kurang kondusif, ketidaksiapan siswa dalam berintraksi di media sosial. Kata Kunci : Strategi guru, Adab Bicara, Adab Siswa kepada Guru. 
Institution Info

Universitas Islam 45