DETAIL DOCUMENT
IMPLEMENTASI METODE UTSMANI DALAM BELAJAR MEMBACA AL-QUR’AN DI MA’HAD AL-UTSMANI JAKARTA TIMUR
Total View This Week0
Institusion
Universitas Islam 45
Author
Sabir, Muhammad
Subject
Pendidikan Agama Islam 
Datestamp
2022-10-27 02:33:08 
Abstract :
Muhammad Sabir. 41182911180050. IMPLEMENTASI METODE UTSMANI DALAM BELAJAR MEMBACA AL-QUR?AN DI MA?HAD AL-UTSMANI JAKARTA TIMUR (Pendidikan Agama Islam). Fakultas Agama Islam, Universitas Islam ?45? Bekasi, (1444/2022). (73 Halaman + 34 Halaman) Al-Qur?an merupakan kitab suci yang telah Allah berikan kemudahan dalam mempelajarinya. Namun, masih banyak peserta didik yang kesulitan dalam mempelajari Al-Qur?an secara mendalam, karena kurangnya penerapan metode belajar Al-Qur?an di suatu lembaga pendidikan. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui bagaimana implementasi metode Utsmani dalam membaca Al-Qur?an di Ma?had Al-Utsmani Jakarta Timur. Salah satu lembaga pembelajaran Al-Qur?an yaitu Lembaga Bimbingan Al-Qur?an (LBQ) Al-Utsmani Jakarta Timur, yang telah menggunakan Metode Utsmani dalam mendidik peserta didiknya. Penelitian ini telah dilaksanakan pada bulan Agustus-September 2022. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun pemeriksaan keabsahan data penelitian ini menggunakan metode trianggulasi data.Teknik analisis data melalui tiga tahapan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi metode Utsmani dalam belajar membaca Al-Qur?an sangat mempengaruhi hasil pembelajaran Al-Qur?an pada setiap peserta didik. Penerapan metode Utsmani dalam pembelajaran al-Qur?an yaitu dengan cara yang mudah dan menyenangkan dengan bercirikan ?nasyid dan tahapan lima langkah? dalam kegiatan inti proses belajar mengajarnya. Tahapan lima langkah yaitu baca dari depan, baca dari belakang, baca acak, talaqqi atau klasikal dan baca buku individual. Nasyid atau lagu yang digunakan pada saat langkah klasikal yaitu lagu yang akrab dengan siswa. Hasil pembelajaran Metode Utsmani dari segi kelancarannya dalam membaca al-Qur?an yaitu siswa mampu menguasai tahsin seperti makhrojul huruf atau tempat keluar huruf hijaiyyah dan sifat-sifat hurufnya, serta membaca dengan tajwid yang benar. Penggunaan metode Usmani sangat efektif digunakan di Ma?had Al-Utsmani Jakarta Timur. Dengan adanya beberapa faktor pendukung, seperti fasilitas sarana prasarana, media pembelajaran serta sumber belajar yang cukup memadai. Jumlah peserta didik yang terbatas berkisar 10-12 peserta didik dalam satu ruang belajar. Sehingga memudahkan dalam mengontrol perkembangan dan kemampuan anak secara individu dalam proses pembelajaran di kelas. Kata kunci : Membaca Al-Qur?an, Penerapan Metode Utsmani 
Institution Info

Universitas Islam 45