DETAIL DOCUMENT
Pengaruh Media Pembelajaran Google Meet Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMP Al Muslim Bekasi
Total View This Week0
Institusion
Universitas Islam 45
Author
Mawarni, Ersa Arilia
Subject
Pendidikan Agama Islam 
Datestamp
2022-11-14 08:21:40 
Abstract :
ABSTRAK Skripsi dengan judul ?Pengaruh Media Pembelajaran Google Meet terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Al Muslim Bekasi?. Ini di tulis oleh Ersa Arilia Mawarni, NIM. 41182911170062. Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Agama Islam, Universitas Islam ?45? Bekasi, yang dibimbing oleh Dr Yayat Suharyat. Ditengah situasi pandemi covid-19 dan perkembangan IT yang semakin berkembang, maka sangat penting untuk memotivasi siswa dengan perangkat media pembelajaran khususnya pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam, sehingga mereka merasa tidak jenuh dan siap menerima penjelasan dari guru. Selain itu seorang guru harus selalu mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang pesat dan inovatif. Seorang guru harus memiliki pengetahuan tentang teknologi dan informasi untuk menangani hal ini. Tujuan penelitian ini adalah : 1) Untuk mengetahui pengaruh yang signifikan antara media pembelajaran Google Meet terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Al Muslim Bekasi. 2) Untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam antara media pembelajaran Google Meet dengan pembelajaran Tatap Muka. Untuk mencapai tujuan diatas penelitian ini menggunakan jenis penelitian eksperimen (experimental Research) yang bertujuan untuk menguji pengaruh media pembelajaran Google Meet terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Al Muslim Bekasi. Berdasarkan hasil uji paired sample t test diperoleh nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 0,05, maka dapat disimpulkan ada perbedaan rata-rata hasil belajar siswa untuk Pre-test kelas eksperimen dengan Post-test kelas eksperimen. Sehingga dalam pengujian ini menunjukkan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak. Hal ini berarti bahwa ada pengaruh yang positif dan signifikan antara media pembelajaran google meet terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Al Muslim. Berdasarkan hasil uji independent sample t test diperoleh nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,948 0,05, maka dapat disimpulkan tidak ada perbedaan rata-rata hasil belajar siswa antara media pembelajaran Google Meet dengan pembelajaran tatap muka. Kata Kunci : Media Pembelajaram, Google Meet, Hasil Belajar ? ABSTRACT Thesis with the title "The Influence of Google Meet Learning Media on Student Learning Outcomes in Islamic Religious Education Subjects at SMP Al Muslim Bekasi". This was written by Ersa Arilia Mawarni, NIM. 41182911170062. Department of Islamic Education, Faculty of Islamic Religion, Islamic University ?45? Bekasi, supervised by Dr Yayat Suharyat. In the midst of the COVID-19 pandemic situation and the growing development of IT, it is very important to motivate students with learning media devices, especially in Islamic Religious Education subjects, so that they do not feel bored and are ready to receive explanations from teachers. In addition, a teacher must always keep abreast of rapid and innovative developments in science and technology. A teacher must have knowledge of technology and information to deal with this. The aims of this study are: 1) To determine the significant effect of Google Meet learning media on student learning outcomes in Islamic Religious Education subjects at SMP Al Muslim Bekasi. 2) To find out the differences in student learning outcomes in Islamic Religious Education subjects between Google Meet learning media and Face-to-face learning. To achieve the above objectives, this research uses experimental research which aims to examine the effect of Google Meet learning media on student learning outcomes in Islamic Religious Education subjects at SMP Al Muslim Bekasi. Based on the results of the paired sample t test, the Sig value is obtained. (2-tailed) of 0.000 0.05, it can be concluded that there is a difference in the average student learning outcomes for the Pre-test experimental class and Post-test experimental class. So in this test it shows that Ha is accepted and Ho is rejected. This means that there is a positive and significant influence between the google meet learning media on student learning outcomes in Islamic Religious Education subjects at Al Muslim Junior High School. Based on the results of the independent sample t test, the value of Sig. (2-tailed) of 0.948 0.05, it can be concluded that there is no difference in the average student learning outcomes between the google meet learning media and face-to-face learning. Keywords: Learning Media, Google Meet, Learning Outcomes 
Institution Info

Universitas Islam 45