DETAIL DOCUMENT
Konsep Pendidikan Akhlak Bagi Guru Dan Murid Perspektif Imam Al-Ghazali Dalam Kitab Ihya Ulumuddin
Total View This Week0
Institusion
Universitas Islam 45
Author
Rahayu, Rani
Subject
Pendidikan Agama Islam 
Datestamp
2022-11-21 06:15:33 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan konsep pendidikan akhlak bagi guru dan murid perspektif Imam Al-Ghazali dalam kitab Ihya Ulumuddin serta bagaimana relevansi pemikirannya terhadap pendidikan saat ini. Penelitian ini memakai pendekatan kualitatif atau penelitian kepustakaan (library research). Pengumpulan data diperoleh melalui sumber primer dan sekunder. Data primer yang digunakan yakni kitab Ihya ?Ulumuddin dan data sekunder yang dipakai berasal dari buku, internet, publikasi ilmiah, dan artikel yang berkaitan dengan topik penelitian. Sedangkan metode analisis yang dipakai ialah analisis deskriptif, yakni dengan mendeskripsikan kitab Ihya ?Ulumuddin karya Imam Al-Ghazali dan buku-buku terkait pemikirannya. Hasil penelitian ini menampilkan bahwa pendidikan harus berlandaskan pada akhlak atau adab. Seorang murid dalam belajar harus memiliki rasa hormat kepada gurunya. yang telah memberikan ilmu sehingga murid tersebut dapat berilmu. Sebaliknya, seorang guru juga harus memiliki adab dalam menjalankan tugasnya yakni mengajar. Pemikiran Imam Al-Ghazali ini sudah relevan dengan pendidikan saat ini. Karena setiap lembaga pendidikan saat ini sudah mulai menerapkan nilai-nilai Islam dalam proses pembelajarannya. Kata kunci: Pendidikan Akhlak, Pemikiran Imam Al-Ghazali, Relevansi 
Institution Info

Universitas Islam 45