DETAIL DOCUMENT
Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Shooting Sepak Bola Melalui Modifikasi Permainan Pada Siswa Kelas VI Di MI Al-Islahuddiniyah Kota Tangerang
Total View This Week0
Institusion
Universitas Islam 45
Author
Muhammad, Khatami
Subject
Penelitian Tindakan Kelas 
Datestamp
2022-11-24 08:08:52 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya peningkatan hasil belajar pada Shooting Sepakbola Melalui ModifikasiI Permainan Pada Siswa Kelas VI MI AL-ISLAHUDDINIYAH KOTA TANGERANG. Metode dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research), menggunakan sistem siklus yang terdiri atas empat tahap yaitu, perencanaan (planning), tindakan (action), pengamatan (observation) dan refleksi (reflection). Hasil penelitian ini diperoleh berdasarkan tiga aspek yaitu afektif, kognitif dan psikomotor. Dari hasil penilaian tersebut, terdapat peningkatan dari siklus I ke siklus II. Hasil belajar shooting sepakbola yang diperoleh dari siklus I adalah 17 siswa atau persentase ketuntasannya 42,5% dari keseluruhan jumlah siswa. Sedangkan pada siklus II terjadi peningkatan menjadi 36 siswa atau persentase ketuntasannya menjadi 90 % dari keseluruhan jumlah siswa. Sehingga peningkatan dari siklus I ke siklus II persentasenya sebesar 47,5% atau 19 siswa dari jumlah keseluruhan. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa dengan menggunakan media permainan peningkatan hasil belajar pada Shooting Sepak bola Melalui ModifikasiI Permainan Pada Siswa Kelas VI MI AL-ISLAHUDDINIYAH KOTA TANGERANG. Dan bagi guru pendidikan jasmani di Sekolah Dasar dapat menerapkan pembelajaran dengan pendekatan bermain dalam pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan khususnya gerak dasar shooting. Kata Kunci: Upaya Meningkatkan, Shooting Sepak Bola, dan Modifikasi permainan 
Institution Info

Universitas Islam 45