Abstract :
Penelitian ini dilatarbelakangi permasalahan hasil belajar yaitu pada
pembelajaran daring peserta didik tidak aktif untuk membaca buku modul
pembelajaran, sehingga meskipun soal ada di materi buku namun peserta didik
masih tidak bisa mengerjakan atau nilainya tidak tuntas. Peserta didik kurang
termotivasi untuk membaca materi melalui buku dan lebih aktif untuk mencari hal
yang baru menggunakan mesin pencarian di internet daripada membuka buku
pelajarannya. Hal ini tentunya membuat peserta didik tidak memahami materi
pembelajarannya dan membuat hasil belajar peserta didik menjadi jelek. Untuk
mengatasi permasalahan tersebut guru harus memberikan solusi yang efektif dalam
era pembelajaran di zaman sekarang dengan menggunakan model blended learning
yaitu pembelajaran yang menggabungkan pembelajaran tatap muka di dalam kelas
dengan pembelajaran online yang memanfatkan teknologi informasi yang bersifat
fleksibel. Tujuan utama penelitian ini adalah untuk mengkaji penerapan model
blended learning pada hasil belajar matematika siswa sekolah dasar.
Melalui metode penelitian yang digunakan yaitu Systematic Literature
Review (SLR) dengan database google schoolar berdasarkan tahun terbit 2019 -
2022 diperoleh 12 jurnal yang sesuai dengan kriteria inklusi yaitu terindeks
database google schoolar, jurnal dipublikasikan pada tahun 2019 - 2022 (3 tahun
terakhir), dengan kata kunci yaitu Model blended learning. Hasil belajar
matematika. Siswa sekolah dasar.
Berdasarkan hasil pembahasan kajian karya tulis terdiri dari 12 jurnal metode
penelitian, 9 jurnal metode penelitian Penelitian Tindak Kelas (PTK) dan 3 jurnal
metode penelitian Eksperimen. Klasifikasi dalam pelaksanaan model pembelajaran
blended learning di kelas rendah dan kelas atas, berdasarkan metode penelitian,
berbantuan media dan tidak berbantuan media. Maka dapat disimpulkan bahwa
pembelajaran harus berlangsung secara interaktif, inspiratif, menyenangkan,
menantang dan memotivasi siswa untuk berpartisipasi aktif, serta memberikan
ruang yang cukup bagi prakarsa, kreativitas dan kemandirian sesuai dengan bakat,
minat dan perkembangan fisik serta psikologis social. Penulis merekomendasikan
penerapan model pembelajaran blended learning akan lebih baik jika menggunakan
aplikasi quizizz yang bertujuan agar menyederhanakan dalam pembuatan tugas
dengan cara tanpa kertas.