Abstract :
Hanifah Oktafiandika (41183402180037)
Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan terhadap kepuasan konsumen
Minuman Tambah Satu Cabang Alamanda Regency
(107 halaman,+ 23 tabel,+ 2 gambar + 17 lampiran)
Kata Kunci : Kualitas Produk, Kualitas pelayanan, dan Kepuasan Konsumen.
Tujuan pada penelitian ini yaitu untuk mengetahui apakah adanya pengaruh
kualitas produk serta kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen minuman
Tambah Satu Cabang Alamanda Regency. Metode penelitian yang digunakan pada
penelitian ini yaitu deskriptif kuantitatif. Sampel penelitian ini yaitu konsumen pada
Minuman Tambah Satu Cabang Alamanda Regency sebanyak 100 responden. Teknik
pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan 3 cara yaitu observasi, wawancara,
dan kuesioner.
Hasil analisis menunjukkan bahwa nilai Fhitung sebesar 22,339 dengan tingkat
signifikan 0,000, maka Ho ditolak Ha diterima. Hasil ini menunjukkan variabel kualitas
produk, kualitas pelayanan secara bersama-sama berpengaruh terhadap kepuasan
konsumen. Apabila ditinjau secara parsial uji hipotesis melalui analisis regresi
berganda variabel kualitas produk berpengaruh terhadap kepuasan konsumen, hal ini
dibuktikan dari nilai uji t yaitu thitung pada variabel kualitas produk X1 = 3,821 dengan
tingkat signifikan 0,000 lebih kecil dari 0,05 maka Ho ditolak Ha diterima, kemudian
variabel kualitas pelayanan berpengaruh terhadap kepuasan konsumen, hal ini
dibuktikan dari nilai uji t yaitu thitung pada variabel kualitas pelayanan X2 = 2,845
dengan tingkat signifikan 0,005 lebih kecil dari 0,05 maka Ho ditolak Ha diterima.
Pengaruh tersebut dapat diprediksi dengan menggunakan persamaan regresi Y =
13,503 + 0,304 X1 + 0.347 X2. Dari hasil ini dapat dilihat kedua variabel independen
(kualitas produk dan kualitas pelayanan) adalah positif artinya variabel independen
berpengaruh positif terhadap variabel dependen (kepuasan konsumen). Dari hasil
penelitian ini bahwa kontribusi variabel kualitas produk dan kualitas pelayanan adalah
sebesar 33,5%, sedangkan sisanya 66,5% dipengaruhi oleh variabel atau faktor-faktor
lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
Daftar Pustaka : 24 (2000 ? 2020)