DETAIL DOCUMENT
UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR LOMPAT JAUH GAYA JONGKOK MELALUI PERMAINAN LOMPAT KODOK PADA SISWA KELAS X TKR SMK BINTANG TIMUR TAMBUN SELATAN
Total View This Week0
Institusion
Universitas Islam 45
Author
PRABU, ABIDILLAH EKA
Subject
Deskriptif 
Datestamp
2022-02-17 08:17:02 
Abstract :
Tujuan penelitian ini ingin mengetahui seberapa efektif upaya peningkatan hasil belajar lompat jauh gaya jongkok melalui permainan lompat kodok pada siswa di SMK Mandalahayu 2. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan penelitian tindakan kelas atau classroom action research. Penelitian ini dilakukan di SMK Mandalahayu 2, adapun yang menjadi subyek penelitian ini adalah siswa Kelas X TKJ sebanyak 1 kelas yang berjumlah 35 orang. Untuk pengolahan data penulis menggunakan instrumen penilaian berdasarkan aspek psikomotorik (50%), aspek kognitif (30%) dan aspek afektif (20%). Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa nilai rata-rata kemampuan lompat jauh gaya jongkok menggunakan modifikasi permainan Kelas X TKJ SMK Mandalahayu 2 60,85, nilai terendah 55,13 dan nilai tertinggi 84,63. Sedangkan siswa yang mencapai nilai KKM (75) hanya 10 orang atau 28,57% dari jumlah siswa Kelas X TKJ sebanyak 35 orang. Sedangkan hasil siklus I, nilai rata-rata kemampuan lompat jauh gaya jongkok menggunakan modifikasi permainan Kelas X TKJ SMK Mandalahayu 2 72,91 nilai terendah 53,71 dan nilai tertinggi 88,96. Sedangkan siswa yang mencapai nilai KKM (75) hanya 22 orang atau 62,86% dari jumlah siswa Kelas X TKJ sebanyak 35 orang. Untuk hasil siklus II, nilai rata-rata kemampuan lompat jauh gaya jongkok menggunakan modifikasi permainan Kelas X TKJ SMK Mandalahayu 2 80,17 nilai terendah 69,75 dan nilai tertinggi 90,88. Sedangkan siswa yang mencapai nilai KKM (75) sebanyak 29 orang atau 82,86% dari jumlah siswa Kelas X TKJ sebanyak 35 orang. Kata kunci: lompat jauh, gaya jongkok, permainan lompat 
Institution Info

Universitas Islam 45