Abstract :
Studi ini bertujuan untuk menguji bagaimana kepuasan nasabah BTN Syariah
Kantor Cabang Bekasi terhadap kualitas layanan, produk dan jumlah bagi hasil,
penelitian ini dilatar belakangi oleh kebutuhan masyarakat yang semakin meningkat
oleh karena itu salah satu cara yang dapat dilakukan oleh masyarakat agar dananya
berkembang yaitu dengan melakukan investasi melalui produk deposito, selain itu
peran suatu lembaga keuangan juga perlu untuk memperhatikan layanan, kualitas
produk dan jumlah bagi hasil yang diberikan kepada nasabahnya dengan tujuan untuk
menciptakan kepuasan nasabah.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan teknik pengumpulan
data melalui observasi, dokumentasi, dan menyebarkan kuesioner kepada 82
responden. Metode yang digunakan adalah probabilitas sampling dengan Teknik
pengambilan sampel menggunakan simple random sampling. Uji analisis yang
digunakan dalam penelitian ini adalah uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik
yang meliputi uji normalitas, heterokedastisitas,uji multikolinearitas, uji hipotesis
meliputi analisis regresi linear berganda, uji koefisien determinasi, uji parsial (uji t),
dan uji simultan (uji f) dengan menggunakan bantuan software SPSS versi 26.
Hasil Analisis Pembahasan menunjukkan bahwa kualitas layanan berpengaruh
secara parsial terhadap kepuasan nasabah diperoleh hasil t hitung 2,654 > t tabel 1,990
dengan taraf signifikansi 0,010 < 0,05, kualitas produk berpengaruh secara parsial
terhadap kepuasan nasabah diperoleh hasil hasil t hitung 2,147 > t tabel 1,990 dengan
tingkat signifikansi 0,035 < 0,05, jumlah bagi hasil deposito berpengaruh secara parsial
terhadap kepuasan nasabah diperoleh hasil t hitung 7,546 > 1,990 dengan taraf signifikansi 0,000 < 0,05, kualitas layanan, produk dan jumlah bagi hasil deposito
berpengaruh secara bersamaan atau simultan terhadap kepuasan nasabah ddiperoleh
hasil f hitung 86,983 > 2,49 dengan taraf signifikansi 0,000 < 0,05. Hasil dari penelitian
ini menunjukkan bahwa kepuasan nasabah di BTN syariah Kantor Cabang Bekasi
perlu adanya perkembangan untuk produk deposito On Call BTN iB, seperti melalui
strategi dan evaluasi terhadap produk tersebut dengan harapan kedepannya nasabah
memiliki minat yang sama banyak dengan produk deposito BTN iB.
Kata Kunci : Kualitas Layanan, Produk, Jumlah Bagi Hasil Deposito, dan Kepuasan
Nasabah BTN Syariah Kantor Cabang Bekasi.