DETAIL DOCUMENT
PENGARUH KUALITAS LAYANAN, PRODUK DAN JUMLAH BAGI HASIL DEPOSITO TERHADAP KEPUASAN NASABAH DI BTN SYARIAH KANTOR CABANG BEKASI
Total View This Week0
Institusion
Universitas Islam 45
Author
Jannah, Nur
Subject
Bank Syariah 
Datestamp
2022-08-23 07:50:54 
Abstract :
Studi ini bertujuan untuk menguji bagaimana kepuasan nasabah BTN Syariah Kantor Cabang Bekasi terhadap kualitas layanan, produk dan jumlah bagi hasil, penelitian ini dilatar belakangi oleh kebutuhan masyarakat yang semakin meningkat oleh karena itu salah satu cara yang dapat dilakukan oleh masyarakat agar dananya berkembang yaitu dengan melakukan investasi melalui produk deposito, selain itu peran suatu lembaga keuangan juga perlu untuk memperhatikan layanan, kualitas produk dan jumlah bagi hasil yang diberikan kepada nasabahnya dengan tujuan untuk menciptakan kepuasan nasabah. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, dokumentasi, dan menyebarkan kuesioner kepada 82 responden. Metode yang digunakan adalah probabilitas sampling dengan Teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling. Uji analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik yang meliputi uji normalitas, heterokedastisitas,uji multikolinearitas, uji hipotesis meliputi analisis regresi linear berganda, uji koefisien determinasi, uji parsial (uji t), dan uji simultan (uji f) dengan menggunakan bantuan software SPSS versi 26. Hasil Analisis Pembahasan menunjukkan bahwa kualitas layanan berpengaruh secara parsial terhadap kepuasan nasabah diperoleh hasil t hitung 2,654 > t tabel 1,990 dengan taraf signifikansi 0,010 < 0,05, kualitas produk berpengaruh secara parsial terhadap kepuasan nasabah diperoleh hasil hasil t hitung 2,147 > t tabel 1,990 dengan tingkat signifikansi 0,035 < 0,05, jumlah bagi hasil deposito berpengaruh secara parsial terhadap kepuasan nasabah diperoleh hasil t hitung 7,546 > 1,990 dengan taraf signifikansi 0,000 < 0,05, kualitas layanan, produk dan jumlah bagi hasil deposito berpengaruh secara bersamaan atau simultan terhadap kepuasan nasabah ddiperoleh hasil f hitung 86,983 > 2,49 dengan taraf signifikansi 0,000 < 0,05. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kepuasan nasabah di BTN syariah Kantor Cabang Bekasi perlu adanya perkembangan untuk produk deposito On Call BTN iB, seperti melalui strategi dan evaluasi terhadap produk tersebut dengan harapan kedepannya nasabah memiliki minat yang sama banyak dengan produk deposito BTN iB. Kata Kunci : Kualitas Layanan, Produk, Jumlah Bagi Hasil Deposito, dan Kepuasan Nasabah BTN Syariah Kantor Cabang Bekasi. 
Institution Info

Universitas Islam 45