Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk memberikan gambaran model pembelajaran RME Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika di Sekolah Dasar. Hal ini dilihat dari siswa menganggap pelajaran matematika sulit, hanya menghafal rumus paham betul pembelajaran Matematika sehingga siswa menjadi bosan dan kurang memahami pembelajaran Matematika. Metode penelitian ini menggunakan Systematic Literatur Review (SLR). Dari artikel penelitian yang dipublikasikan 8 tahun terakhir (2014-2022), artikel membahas mengenai model Realistic Mathematic Education terhadap kemampuan pemecahan masalah MTK. Dari hasil review dan penelitian beberapa artikel yang sudah dilakukan penggunaan model RME terbukti berpengaruh dan dapat memecahkan kemampuan pemecahan masalah siswa. Karena dengan dilaksanakannya Model Realistic Mathematic Education apa lagi dalam pembelajaran Matematika ini, siswa akan lebih berperan aktif dan situasi belajar akan lebih menyenangkan. Kesimpulan dari penelitian ini adalah Model Realistic Mathematic Education dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah Matematika siswa.