DETAIL DOCUMENT
PENERAPAN METODE TOTAL PHYSICAL RESPONSE ( TPR) TERHADAP VOCABULARY BAHASA INGGRIS SEKOLAH DASAR
Total View This Week0
Institusion
Universitas Islam 45
Author
Ndareswari, Anandita
Subject
Eksperimen 
Datestamp
2022-08-24 02:41:04 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji Penerapan Metode Total Physical Response (TPR) Terhadap Vocabulary Bahasa Inggris Sekolah Dasar. Berdasarkan bahan kajian jurnal, diperoleh beberapa permasalahan kurangnya penguasaan vocabulary bahasa Inggris peserta didik pada sekolah dasar dan juga kurangnya minat peserta didik dalam belajar bahasa Inggris. Permasalahan tersebut dapat diatasi dengan menggunakan metode Metode Total Physical Response (TPR) yang mana metode ini akan membuat peserta didik aktif dikelas dan belajar sambil bermain. Metode penelitian yang dilakukan dalam penelitian ini adalah Systematic Literature Review, penelitian ini dilakukan dengan cara mereview dan mengidentifikasi jurnal secara sistematis. Sumber data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah jurnal yang memiliki kriteria inklusi sebagai berikut; 1) Artikel penelitian dipublikasikan pada (10 tahun terakhir), 2) Terindeks oleh Google Scholar, Academia Edu dan Reseachgate 3) Subjek siswa sekolah dasar, 4) Studi penelitian ini membahas tentang metode Total Physical Response dalam penguasaan Vocabulary siswa sekolah dasar, penelitian ini membahas tentang kajian literatur berbedaan penerapan langkah-langkah metode Total Physical Response pada kelas rendah dan kelas atas serta pengajaran vocabulary dan juga pada kelas rendah dan kelas atas keterkaitan antara 2 variabel tersebut. Berdasarkan dari analisis 8 jurnal terbukti bahwa metode TPR mampu meningkatkan penguasaan vocabulary Bahasa Inggris peserta didik Sekolah Dasar hal ini dapat dilihat pada nilai rata-rata peserta didik yang kian meningkat. Jadi supaya penerapan Metode Total Physical Response lebih menyenangkan bagi peserta didik dengan demikian, penulis merekomendasikan sebuah inovasi dalam penerapan Metode Total Physical Response dengan menggunakan media kartu bergambar untuk mempermudah guru dalam menyampaikan kosakata yang diajarkan. Kata Kunci : Metode Total Physical Response, vocabulary bahasa Inggris, Sekolah Dasar 
Institution Info

Universitas Islam 45