DETAIL DOCUMENT
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PjBL) TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN IPA SISWA DI SEKOLAH DASAR
Total View This Week0
Institusion
Universitas Islam 45
Author
Putri, Kamilah Namira
Subject
Eksperimen 
Datestamp
2022-08-24 02:46:11 
Abstract :
model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) terhadap hasil belajar pada mata pelajaran IPA siswa di Sekolah Dasar. Berdasarkan hasil analisis jurnal diperoleh permasalahan hasil belajar IPA siswa sekolah dasar yang tergolong rendah. Hal tersebut dapat dilihat dari banyaknya nilai siswa yang masih dibawah KKM, hal tersebut dapat diatasi salah satunya dengan penerapan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) untuk meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran IPA siswa di Sekolah Dasar. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian Systematic Literature Review (SLR). Penelitian dilakukan dengan cara menggumpulkan data berupa jurnal ? jurnal yang berkaitan tentang penggunaan Model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) untuk meningkatkan hasil belajar Mata pelajaran IPA di Sekolah Dasar. Hasil dari analisis 13 artikel ilmiah yang dianalisis berdasarkan 8 tahun terakhir menunjukan model Project Based Learning (PjBL sangat efektif untuk hasil belajar IPA siswa sekolah dasar. Pada bahan kajian rata-rata subjek penelitiannya siswa sekolah dasar kelas tinggi (kelas IV dan V). Terdapat pengaruh secara efektif dan adanya perbedaan hasil belajar yang signifikan siswa yang mengikuti pembelajaran menggunakan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) yaitu dengan menunjukkan rata-rata hasil belajar IPA lebih tinggi dari siklus I ke siklus II dan nilai pre ? test dan post test. Hal ini dibuktikan dari hasil penelitian ? penelitian referensi terdahulu. Indikator hasil belajar ranah kognitif tercapai dalam penerapan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL). 
Institution Info

Universitas Islam 45