DETAIL DOCUMENT
KETERAMPILAN MENULIS SISWA SEKOLAH DASAR MELALUI MODEL CIRCUIT LEARNING DALAM SYSTEMATIC LITERATURE REVIEW
Total View This Week0
Institusion
Universitas Islam 45
Author
Aryati, Mira
Subject
Eksperimen 
Datestamp
2022-08-24 02:57:33 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan model circuit learning terhadap keterampilan menulis siswa sekolah dasar. Permasalahan dalam penelitian ini adalah kegiatan pembelajaran Bahasa Indonesia di sekolah dasar, dalam kegiatan belajar kemampuan menulis siswa masih rendah. Yang pertama kurangnya minat siswa dalam menulis yang menyebabkan siswa malas, yang kedua siswa masih banyak yang kesulitan dalam menuangkan ide atau gagasan yang dimiliki dalam menulis karena minimnya kosakata sehingga mereka banyak yang memperoleh nilai dibawah rata-rata. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Systematic Literature Review (SLR). Penelitian dilakukan dengan cara mengumpulkan data berupa identifikasi masalah, pencarian data, screening, ekstrasi dan review. Artikel penelitian yang digunakan memiliki kriteria yaitu terindeks oleh database Google Scholar dan academia.edu, jurnal penelitian dipublikasikan pada 10 tahun terakhir (tahun 2012-2022), subjek siswa sekolah dasar, studi penelitian membahas keterampilan menulis siswa sekolah dasar melalui model circuit learning dan sumber penelitian hanya berasal dari jurnal. Berdasarkan 14 jurnal ilmiah yang sesuai dengan kriteria, model pembelajaran circuit learning terbukti dapat meningkatkan keterampilan menulis pada siswa sekolah dasar. Dengan model pembelajaran circuit learning bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis siswa sekolah dasar dan siswa lebih aktif dalam kegiatan pembelajaran. Sehingga siswa lebih mudah menuangkan ide dalam menulis karena semakin banyak kosakata yang dimikiki siswa. Berdasarkan hasil dan pembahasan dapat disimpulkan dengan menggunakan model pembelajaran circuit learning dapat menciptakan suasana belajar yang baru serta aktif melibatkan siswa dalam proses pembelajaran sehingga siswa dapat memahami sehingga tujuan pembelajaran pun tercapai. Adapun rekomendasi yang ditawarkan oleh penulis, untuk guru dikelas, yaitu dengan menggunakan bantuan media gambar karikatur atau komik yang digunakan untuk membantu proses pembelajaran. 
Institution Info

Universitas Islam 45