DETAIL DOCUMENT
Metode Pendidikan Islam Menurut Imam Syafi'i
Total View This Week0
Institusion
Universitas Islam 45
Author
Fachrurrahman, Mochamad Faisasl
Subject
Pendidikan Agama Islam 
Datestamp
2022-04-18 04:29:02 
Abstract :
ABSTRAK Metode adalah seperangkat cara, jalan dan teknik yang dipakai oleh guru dalam proses belajar mengajar agar murid mencapai tujuan pembelajaran atau kompetensi tertentu yang dirumuskan dalam kurikulum, silabus dan mata pelajaran. Pendidikan Islam adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar murid secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa dan negara sesuai dengan ajaran Islam untuk kebahagiaan hidup di dunia dan akhirat. Untuk melahirkan murid yang berkualitas dibutuhkan metode yang tepat dalam memberikan materi pelajaran. Tulisan ini mengungkap pemikiran Imam Syafi?i tentang pendidikan. Imam Syafi?i lebih dikenali sebagai ulama fiqih, namun beliau memberi sumbangan yang tidak kurang hebatnya dalam bidang pendidikan. Beliau lebih mengedepankan masalah adab/akhlak dalam kurikulum pendidikannya. Hal ini terlihat dari berbagai syair beliau yang mengedepankan masalah adab bagi para penuntut ilmu. Ada 3 sumbangan besar Imam Syafi?i dalam pendidikan, yaitu, Konsep Ilmu, Menuntut Ilmu harus Memiliki Landasan (Hujjah) dan Etika dalam Menuntut Ilmu. Maka beliau menegaskan bahwa kesuksesan dalam menuntut ilmu akan didapatkan bila kita para penuntut ilmu memiliki 6 ciri di antaranya, kecerdasan, semangat, bersungguh-sungguh, dirham (kesediaan keluarkan uang), bersahabat dengan ustadz, dan memerlukan waktu yang lama. 
Institution Info

Universitas Islam 45