DETAIL DOCUMENT
IMPLEMENTASI METODE TILAWATI DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI PEMBELAJARAN AL QUR’AN (Penelitian Kualitatif Deskriptif Pada Madrasah Ibtidaiyyah Al Imaroh Cikarang Barat Bekasi)
Total View This Week0
Institusion
Universitas Islam 45
Author
MUSBIHIN, ALI
Subject
Pendidikan Agama Islam 
Datestamp
2022-08-24 05:11:02 
Abstract :
IMPLEMENTATION OF THE TILAWATI METHOD IN INCREASING AL QUR'AN LEARNING COMPETENCE (Descriptive Qualitative Research at Madrasah Ibtidaiyyah Al Imaroh Cikarang Barat Bekasi) Ali Musbihin Lecture of Islamic Religious Education Master musbihinali@gmail.com Madrasah Ibtidaiyyah Al Imaroh Cikarang Barat in learning the Qur'an uses the tilawati method as a compulsory subject that is parallel to other general subjects and there are indications that it is superior in producing students who have the competence to read the Qur'an properly and correctly compared to elementary schools /other madrasas in the West Cikarang area. The purpose of the study was to describe and analyze the planning, implementation and evaluation of learning the Qur'an through the tilawati method at Madrasah Ibtidaiyyah Al Imaroh Cikarang Barat Bekasi. The research method used is field research which is naturalistic and descriptive. The informants of this study were the head of the ibtidayyah madrasa, the deputy head of the ibtidayah madrasa, the tilawati coordinator, the tilawati teacher and students. Data collection techniques using interviews and observation. Data analysis used qualitative analysis, namely data reduction, data presentation, conclusion drawing/verification. The findings of this study are: (1) planning for learning the Qur'an through the tilawati method includes the preparation of teacher resources, learning materials, and learning tools; (2) The implementation of learning the Qur'an through the tilawati method is carried out with two approaches at each meeting, namely the classical and individual approaches (read-listen); and (3) Evaluation of learning the Qur'an through the tilawati method consists of evaluating the learning process and evaluating learning outcomes. Evaluation of the learning process is carried out by monitoring and evaluating teacher performance. Evaluation of learning outcomes includes three assessments, namely: pre-test, daily assessment, and assessment of volume increase. Keywords: Tilawati method, competence, learning the Qur'an IMPLEMENTASI METODE TILAWATI DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI PEMBELAJARAN AL QUR?AN (Penelitian Kualitatif Deskriptif Pada Madrasah Ibtidaiyyah Al Imaroh Cikarang Barat Bekasi) Ali Musbihin Mahasiswa Magister Pendidikan Agama Islam musbihinali@gmail.com Madrasah Ibtidaiyyah Al Imaroh Cikarang Barat dalam pembelajaran Al Qur?an menggunakan metode tilawati sebagai mata pelajaran wajib yang sejajar dengan mata pelajaran umum lainnya serta ada indikasi lebih unggul dalam menghasilkan peserta didik yang memiliki kompetensi membaca Al Qur?an secara baik dan benar dibandingkan sekolah dasar/madrasah lainnya yang berada di daerah Cikarang Barat. Tujuan penelitian adalah mendeskripsikan dan menganalisis perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi pembelajaran Al Qur?an melalui metode tilawati di Madrasah Ibtidaiyyah Al Imaroh Cikarang Barat Bekasi. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan (field research) yang bersifat naturalistik dan deskriptif. Informan penelitian ini adalah kepala madrasah ibtidaiyyah, wakil kepala madrasah ibtidayah, koordinator tilawati, guru tilawati dan peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara dan observasi. Analisis data menggunakan analisis secara kualitatif yaitu reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan/verifikasi. Temuan dari penelitian ini adalah: (1) perencanaan pembelajaran Al Qur?an melalui metode tilawati meliputi penyiapan sumber daya guru, materi pembelajaran, dan perangkat pembelajaran; (2) Pelaksanaan pembelajaran Al Qur?an melalui metode tilawati dilakukan dengan dua pendekatan setiap pertemuannya yaitu pendekatan klasikal dan individual (baca-simak); dan (3) Evaluasi pembelajaran Al Qur?an melalui metode tilawati terdiri dari evaluasi proses pembelajaran dan evaluasi hasil pembelajaran. Evaluasi proses pembelajaran dilakukan dengan cara monitoring dan evaluasi kinerja guru. Evaluasi hasil pembelajaran meliputi tiga penilaian, yaitu: pre test, penilaian harian, dan penilaian kenaikan jilid. Kata kunci: Metode tilawati, kompetensi, pembelajaran Al Qur?an 
Institution Info

Universitas Islam 45