DETAIL DOCUMENT
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DEBAT AKTIF TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA SISWA SEKOLAH DASAR
Total View This Week0
Institusion
Universitas Islam 45
Author
Nissa, Nadya Choirun
Subject
Eksperimen 
Datestamp
2022-08-24 06:58:05 
Abstract :
Berdasarkan pengumpulan beberapa sumber data, hasil analisis menunjukkan bahwa permasalahan yang terjadi dalam keterampilan berbicara pada siswa sekolah dasar yaitu rata-rata siswa masih malu dan tidak percaya diri dalam menyampaikan ide atau pendapatnya, terdapat pula permasalahan yang disebabkan karena siswa lebih sering menggunakan Bahasa daerah dalam berinteraksi sehingga kemampuan berbicara siswa dalam Bahasa indonesia masih kurang baik. Oleh sebab itu, Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan model pembelajaran debat aktif terhadap keterampilan berbicara siswa sekolah dasar dengan menggunakan metode penelitian Systematic Literature Review (SLR). Berdasarkan hasil analisis dari 10 artikel ilmiah yang didapatkan menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran debat aktif dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa sekolah dasar. Hal ini ditunjukkan dengan keaktifan siswa dalam menyampaikan argumen atau pendapatnya pada saat debat. Karena pada saat proses pembelajaran berlangsung, suasana kelas menjadi lebih aktif karena siswa tidak hanya mendengarkan penjelasan dari guru saja, tetapi siswa menjadi peran utama dalam proses pembelajaran. 
Institution Info

Universitas Islam 45