Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan Model Team Assisted
Individualization (TAI) terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika
siswa sekolah dasar. Pada pembelajaran matematika kemampuan pemecahan
masalah siswa masih tergolong rendah. Terdapat beberapa permasalahan yang
terjadi pada kemampuan pemecahan masalah siswa disekolah dasar seperti siswa
masih kesulitan dalam memahami masalah dan mengerjakan soalsoal yang
diberikan oleh guru. Maka dari permasalahan tersebut salah satu upaya yang pernah
dilakukan peneliti sebelumnya yaitu menggunakan Model Team Assisted
Individualization (TAI). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah
Systematic Literature Review pada 7 jurnal/artikel dari tahun 2012-2022. Jenis
penelitian studi literature ini digunakan untuk memperoleh informasi dan data
dengan cara mengidentifikasi/mereview sumber-sumber dari artikel ilmiah sesuai
dengan judul yang diteliti. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan terhadap
jurnal-jurnal penelitian yang sudah dilakukan, penggunaan Model Team Assisted
Individualization (TAI) terbukti berpengaruh dan dapat meningkatkan kemampuan
pemecahan masalah matematika pada siswa sekolah dasar, karena dengan adanya
penggunaan Model Team Assisted Individualization (TAI) proses pembelajarannya
lebih terarah. Hal tersebut dapat membuat siswa lebih aktif, dan semangat dalam
proses pembelajaran. Sehingga dengan begitu, penggunaan Model Team Assisted
Individualization (TAI) ini berdampak positif dan efektif untuk digunakan dalam
meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa sekolah dasar.
Kata Kunci: Model Team Assisted Individualization (TAI), Kemampuan
Pemecahan Masalah, Matematika, Siswa Sekolah Dasar