Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana gambaran
kemampuan membaca pemahaman siswa dengan menggunakan model SQ4R
(Survey, Question, Read, Reflect, Recite, Review) pada mata pelajaran bahasa
indonesia di sekolah dasar. Metode penelitian yang digunakan adalah System
Literature Review (SLR). Penelitian dilakukan dengan cara mengumpulkan sumber
data yang didapatkan dari artikel ilmiah di mana variabel yang diangkat adalah
Kemampuan Membaca Pemahaman, SQ4R, Bahasa Indonesia, Sekolah Dasar.
Pencarian artikel ilmiah disesuaikan dengan kriteria inklusi yang telah ditentukan.
Berdasarkan dari hasil analisis 11 artikel ilmiah yang menunjukkan bahwa
kemampuan membaca pemahaman siswa sekolah dasar pada mata pelajaran
Bahasa Indonesia dapat meningkat dengan menggunakan model pembelajaran
SQ4R. Setelah diaplikasikannya model SQ4R pada kemampuan membaca
pemahaman ini terjadi peningkatan yang signifikan jika dibandingkan dengan
sebelum menggunakan model pembelajaran SQ4R. Hal ini terbukti dari hasil
perolehan nilai rata-rata yang meningkat serta pencapain indikator kemampuan
membaca pemahaman yang tuntas.
Kata Kunci: Kemampuan Membaca Pemahaman, SQ4R, Bahasa Indonesia,
Sekolah Dasar