DETAIL DOCUMENT
GAMBARAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL SQ4R PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SEKOLAH DASAR
Total View This Week0
Institusion
Universitas Islam 45
Author
Christianingsih, Endah
Subject
Deskriptif 
Datestamp
2022-08-25 02:57:13 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana gambaran kemampuan membaca pemahaman siswa dengan menggunakan model SQ4R (Survey, Question, Read, Reflect, Recite, Review) pada mata pelajaran bahasa indonesia di sekolah dasar. Metode penelitian yang digunakan adalah System Literature Review (SLR). Penelitian dilakukan dengan cara mengumpulkan sumber data yang didapatkan dari artikel ilmiah di mana variabel yang diangkat adalah Kemampuan Membaca Pemahaman, SQ4R, Bahasa Indonesia, Sekolah Dasar. Pencarian artikel ilmiah disesuaikan dengan kriteria inklusi yang telah ditentukan. Berdasarkan dari hasil analisis 11 artikel ilmiah yang menunjukkan bahwa kemampuan membaca pemahaman siswa sekolah dasar pada mata pelajaran Bahasa Indonesia dapat meningkat dengan menggunakan model pembelajaran SQ4R. Setelah diaplikasikannya model SQ4R pada kemampuan membaca pemahaman ini terjadi peningkatan yang signifikan jika dibandingkan dengan sebelum menggunakan model pembelajaran SQ4R. Hal ini terbukti dari hasil perolehan nilai rata-rata yang meningkat serta pencapain indikator kemampuan membaca pemahaman yang tuntas. Kata Kunci: Kemampuan Membaca Pemahaman, SQ4R, Bahasa Indonesia, Sekolah Dasar 
Institution Info

Universitas Islam 45