Abstract :
Abstrak
Menghafal adalah proses mengingat kembali tentang apa yang pernah dibaca dan didengar sesuai dengan apa yang pernah dibaca dan yang di dengar tersebut. Proses ini akan sangat berpengaruh dalam jangka panjang., biasanya seseorang hanya mampu menghafal beberapa suku kata dalam kurun waktu tertentu. Namun, jika dapat memaksimalkan kinerja sel otak, maka ingatan tersebut akan bertahan lebih lama. Tujuan dari penelitian ini adalah : 1) untuk menganalisis implementasi Metode Kauny Quantum Memory dalam meningkatkan kualitas hafalan siswa di SDIT Al Azhar Jaya Indonesia Cimuning. 2) untuk menganalisis efektivitas Metode Kauny Quantum Memory dalam Peningkatan Kualitas Hafalan Siswa di SDIT Al Azhar Jaya Indonesia Cimuning. 3) untuk menganalisis faktor pendukung dan penghambat implementasi Metode Kauny Quantum Memory dalam Peningkatan Kualitas Hafalan Siswa di SDIT Al Azhar Jaya Indonesia Cimuning.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif analisis. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan: 1) wawancara, 2) observasi, 3) dokumentasi. Proses analisa data melalui pengumpulan, pemilahan, dan pengecekan keabsahan data. Pengecekan keabsahan data peneliti menggunakan metode triangulasi data.
Hasil penelitian ini menunujukkan bahwa: 1) implementasi metode Kauny Quantum Memory dalam peningkatan kualitas hafalan siswa di SDIT Al Azhar Jaya Indonesia Cimuning yaitu: a) perencanaan berupa silabus dan RPP, b) pelaksanaan melalui program Tahfidz, c) evaluasi melalui simakan, tasmi? dan sertifikasi tahfidz 2) efektivitas dari implementasi metode Kauny Quantum Memory dalam meningkatkan kualitas hafalan siswa di SDIT Al Azhar Jaya Indonesia Cimuning diukur melalui : a) ketercapaian target, b) pelaksanaan program evaluasi, c) kemampuan siswa dalam mengikuti program sekolah, 3) faktor pendukung proses implementasi metode Kauny Quantum Memory di SDIT Al Azhar Jaya Indonesia Cimuning dalam peningkatan kualitas hafalan siswa yaitu: peran lembaga, kepala sekolah dan seluruh guru SDIT Al Azhar Jaya Indonesia Cimuning, kerjasama yang baik dari semua warga sekolah, dukungan wali siswa. Sedangkan faktor penghambatnya: Pengawasan siswa di luar sekolah, latar belakang siswa yang beragam, penggunaan gadget yang berlebihan, kurangnya waktu pembelajaran Tahfidz disekolah, kurangnya guru Tahfidz, pengawasan siswa di luar sekolah, dan latar belakang siswa serta orang tua yang beragam.
Kata Kunci: Implementasi Metode Kauny Quantum Memory, Kualitas Hafalan, Sekolah Islam Terpadu.