DETAIL DOCUMENT
PENGARUH METODE PICTURE AND PICTURE TERHADAP HASIL BELAJAR AGAMA ISLAM PADA MATERI SURAT AL-FIIL KELAS IV SDN GANDAMEKAR 01 CIKARANG BARAT-BEKASI
Total View This Week0
Institusion
Universitas Islam 45
Author
SURYANI, MEGA
Subject
Pendidikan Agama Islam 
Datestamp
2022-08-31 02:19:49 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis kebiasaan belajar menggunakan metode picture and picture. Untuk mengetahui hasil belajar agama Islam. Untuk mengetahui pengaruh penggunaan metode picture and picture terhadap peningkatan hasil belajar agama Islam materi surat Al-Fiil pada siswa kelas IV di SDN Gandamekar 01 Cikarang Barat. Jenis penelitian yang dilakukan peneliti adalah penelitian eksperimen. Metode penelitian eksperimen merupakan metode penelitian yang digunakan untuk mencari pengaruh treatment (perlakuan) tertentu. Eksperimen adalah metode pemberian kesempatan pada anak didik perorangan atau kelompok, untuk dilatih melakukan suatu proses dimana peserta didik melakukan suatu percobaan tentang sesuatu hal, mengamati prosesnya serta menuliskan hasil percobaannya, kemudian hasil pengamatan itu disampaikan ke kelas dan dievaluasi oleh pendidik. Peneliti menggunakan metode penelitian eksperimen semu (quasi experimental design). Bentuk desain eksperimen ini merupakan pengembangan dari true experimental design, yang sulit dilaksanakan. Instrumen yang digunakan berupa tes pilihan ganda sebanyak 40 butir soal pada uji validitas dengan menggunakan Korelasi Point Biserial 35 soal dinyatakan valid dan 5 soal dinyatakan tidak valid. Uji reliabilitas menggunakan rumus KR-20 memperoleh rhitung 0,774 > 0,361 rtabel, maka data tersebut memiliki instrumen yang reliabel. Dari hasil perhitungan diperoleh data rata-rata nilai hasil belajar kelompok eksperimen mean sebesar 82,45, median 85,498 serta modus 87. Sedangkan hasil belajar kelompok kontrol memiliki rata-rata mean 72,52, median 75,9 serta modus 79,61. Berdasarkan uji hipotesis diperoleh t_hitung 4,23 > t_(tabel )1,69, maka diperoleh kesimpulan bahwa H_i diterima dan H_o ditolak, hal ini berarti terdapat pengaruh yang signifikan penerapan metode picture and picture terhadap hasil belajar agama Islam materi surat Al-Fiil di kelas IV SDN Gandamekar 01 Cikarang Barat Bekasi. 
Institution Info

Universitas Islam 45