Abstract :
ABSTRAK
SYIFA NUR FAIZIN, 41182911160057, ETIKA BELAJAR DALAM KITAB TA?LIM MUTA?ALIM DAN RELEVANSINYA TERHADAP PROSES PEMBELAJARAN DI MA ANNIDA AL ISLAMY KOTA BEKASI, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Agama Islam, Universitas Islam ?45? Bekasi, 1443 H/2022 M.
Fokus penelitian ini adalah bagaimana Etika peserta didik yang seharusnya dalam kitab Ta?lim Muta?alim, bagaimana relevansinya terhadap proses pembelajaran di MA Annida Al Islamy Kota Bekasi. Skripsi Ini bertujuan untuk mengetahui kondisi Etika murid terhadap guru khususnya yang berbasis kitab Ta?lim Muta?alim. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan yang bersifat kualitatif dengan metode deskriptif naturalistik. Adapun teknik pengumpulan data yaitu dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi.
Bedasarkan hasil dari penelitian yang diperoleh, yaitu: pertama, Kitab tersebut memiliki aspek sufistik. Konsep ridha, tawadu, wara?, ikhlas dan sabar menjadi kunci proses pembelajaran. Kedua, menunjukkan bahwa etika peserta didik yang berbasis kitab Ta?lim Muta?alim di MA Annida Al Islamy Kota Bekasi sudah cukup baik. Adapun relevansinya terhadap proses pembelajaran cukup relevan. Landasan yang digunakan dalam menjabarkan etika murid disini memfokuskan kepada etika murid terhadap guru dalam kitab Ta?lim Muta?alim. Ketiga, Faktor yang mempengaruhi etika murid terhadap guru terdiri dari dua faktor, yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal adalah faktor yang mempengaruhi psikologis murid. Sedangkan faktor eksternal adalah faktor yang dipengaruhi dari lingkungan. Disinilah peran seorang guru untuk menanamkan etika yang mulia kepada muridnya dengan memberikan bimbingan dan nasihat agar tidak terpengaruh hal-hal buruk dengan menggunakan metode keteladanan, na sihat dan metode dakwah bil hal.
Kata Kunci: Etika belajar, Kitab Ta?lim Muta?alim, Proses Pembelajaran, MA Annida Al Islamy.
ABSTRAK
SYIFA NUR FAIZIN, 41182911160057, ETIKA BELAJAR DALAM KITAB TA?LIM MUTA?ALIM DAN RELEVANSINYA TERHADAP PROSES PEMBELAJARAN DI MA ANNIDA AL ISLAMY KOTA BEKASI, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Agama Islam, Universitas Islam ?45? Bekasi, 1443 H/2022 M.
The focus of this research is how the students should in the Ta?lim Muta?alim book how they relevancy with the learning process at MA Annida Al Islamy Bekasi City. The essay aims to know the ethical conditions of the teacher?s recommend, especially those based Ta?lim Muta?alim book. This research is a qualitative research with naturalistic drescriptive method. As for the data collection is interviews, observation and documentation.
Based on the results of the research, are: firstly, the book had a sufistic aspect. Ridha, tawadhu? wara?, gracious and patient are the key of learning process. Secondly, it shows students ethic on based Ta?lim Muta?alim book at MA Annida Al Islamy Bekasi City is good enough. And the relevancy with learning process is enough to relevance. The foundation used in explaining the ethics of the students here focuses on the disciple?s ethics of the teacher in Ta?lim Muta?alim book. Thirthly, factor affecting the students ethics of the teacher are two, internal and external factors. Internal factors are factor affecting students psychological. And external factors are factor from the environment. That is where a teacher?s role to establish a noble ethic for the students by giving guidance and advice to avoid being affected by anything bad by using the exemplary method, counsel and preaching.
Key word: Learning Ethics, Ta?lim Muta?alim Book, Learning Process and MA Annida Al Islamy.