Abstract :
Dwita Nisa Shafa Naufalia, 41182911180057. Pengaruh Penggunaan Media
Proyektor Terhadap Hasil Belajar Fiqih Siswa. Program Studi Pendidikan Agama
Islam ?45? Bekasi 2022
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh penggunaan
proyektor terhadap hasil belajar siswa di MTS Darul Hikmah. Penelitian ini
dilatarbelakangi Kurangnya pemanfaatan media pembelajaran di MTs Darul
Hikmah, media pembelajaran yang digunakan kurang bervariasi sehingga hasil
belajar kurang maksimal, serta penggunaan media proyektor yang kurang efektif
dan masih menggunakan media papan tulis. Penelitian ini menggunakan metode
kuantitatif jenis penelitian yang digunakan adalah Design Quasi Experiment, yaitu
metode yang mempunyai kelompok kontrol akan tetapi tidak berfungsi
sepenuhnya untuk mengontrol variabel-variabel luar yang mempengaruhi
pelaksanaan eksperimen, sehingga hubungan sebab akibat antara variabel bebas
dengan variabel terikat menjadi jelas.
Dalam proses pembelajaran perlu adanya media pendukung yang membantu guru
untuk menyampaikan pesan dan materi kepada peserta didik. Dengan memilih
media yang tepat dapat mempermudah guru untuk menyampaikan materi secara
langsung kepada siswa sehingga siswa dapat lebih mudah memahami dan
mencerna materi yang sedang disampaikan, hal ini bertujuan untuk
meningkatkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran fiqih secara maksimal.
Kata Kunci : Media Pembelajaran, Proyektor, hasil belajar