Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui konsep pendidikan Remaja Berbasis Fitrah dan Adab menurut Harry Santosa dalam buku Fitrah-Based Education serta mengetahui peran orang tua dan komunitas terhadap pendidikan remaja berbasis fitrah dan adab menurut Harry Santosa dalam buku Fitrah-Based Education. Metode Penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah studi kualitatif kepustakaan (library research) yang menyajikan data-data dalam bentuk verbal secara tertulis dari beragam sumber yang bertujuan untuk menggambarkan dan mendeskripsikan tentang suatu kondisi dari objek penelitian secara objektif. Berdasarkan penelitian dan data yang berhasil peneliti himpun, penelitian ini menjelaskan bahwa: (1) Secara khusus fitrah terbagi menjadi tiga, yaitu Fitrah manusia, fitrah komunal dan fitrah munazalah; (2) peran orang tua mendidik pemuda berbasis fitrah dan adab adalah dengan tazkiyatunnafsi memulai pendidikan berbasis rumah, menggali dan menyamakan visi dan misi keluarga, serta memahami kerangka kerja fitrah-based education berdasarkan fitrah perkembangan yang dimulai dari usia 0-6 tahun, usia 7-10 tahun, usia 10-14 tahun, dan usia 14 tahun ke atas; (3) peran komunitas mendidik pemuda berbasis fitrah dan adab membesarkan anak, memahami pendidikan anak, meninggikan derajat keluarga dan komunitas dengan pendidikan, rumah dan komunitas sebagai sentra peradaban, sebagai fasilitas untuk menciptakan jaringan atau hubungan pemagangan dan caestro yang sesuai potensi tiap anak dan persiapkan chaperon/murabbi (pembimbing akhlak).