Abstract :
Kepuasan pasien adalah tingkat perasaan seseorang setelah membandingkan kinerja produk atau hasil yang pasien rasakan dengan harapannya. Layanan kesehatan yang berkualitas yakni layanan kesehatan yang selalu berupaya memenuhi harapan pasien. Pasien yang bertindak sebagai konsumen yang menggunakan pelayanan tersebut ingin mendapatkan pelayanan yang berkualitas sehingga menciptakan kepuasan bagi pasien. Era Globalisasi telah menjanjikan tantangan baru bagi rumah sakit di Indonesia. Keadaan tersebut memunculkan persaingan yang semakin ketat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan rawat inap kelas III terhadap tingkat kepuasan pasien di Rumah Sakit Islam Sultan Agung Semarang.
Jenis penelitian ini adalah analitik observasional dengan pendekatan cross sectional.Pengambilan sampel berdasarkan waktu pasien mau pulang setelah melakukan rawat inap pasien sampai diperoleh jumlah yang sesuai dengan besar sampel yang telah ditetapkan yaitu sebanyak 100 responden.
Alat uji telah diujicobakan kepada 30 responden kemudian diuji validitas dan reliabilitas, setelah dinyatakan valid (rhitung> 0.361) dan reliabel (rhitung> 0.6) maka alat uji dapat menjadi tolak ukur untuk pengujian selanjutnya.
Hasil uji Fisher Exact diperoleh nilai p = 0.085 dengan batas signifikan ? = 0.05, maka phitung > 0.05. Dengan demikian H0 diterima dan Ha ditolak, sehingga dapat diartikan bahwa tidak ada pengaruh kualitas pelayanan rawat inap kelas III secara total terhadap tingkat kepuasan pasien di RSI Sultan Agung Semarang.
Berdasarkan hasil uji dari penelitian ini maka dapat disimpulkan bahwa tidak ada pengaruh antara kualitas pelayanan rawat inap kelas III secara total terhadap tingkat kepuasan pasien di RSI Sultan Agung Semarang.
Kata kunci : Kualitas, Kepuasan, Pasien