DETAIL DOCUMENT
PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI BEBAS MENGGUNAKAN METODE PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH BERBANTU MEDIA MUSIK INSTRUMENTAL PADA SISWA KELAS VIIIA MTs ALHAMIDIYYAH DEMAK
Total View This Week0
Institusion
Universitas Islam Sultan Agung
Author
Saputra, Hendra Ady
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2018-02-13 03:41:07 
Abstract :
Kata kunci : Menulis puisi bebas, metode pembelajaran berbasis masalah, media musik insrtrumental Berdasarkan hasil observasi awal keterampilan menulis puisi bebas siswa kelas VIII A MTs Alhamidiyyah Demak masih tergolong rendah karena belum mencapai KKM atau kriteria ketuntasan minimal sebesar 70 dan perlu ditingkatkan. Penyebab permasalahan rendahnya keterampilan menulis puisi bebas diantaranya adalah siswa kesulitan menacari ide dan kurang percaya diri untuk menuangkan kata yang akan ditulis. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah : (1) bagaimana peningkatan hasil belajar menulis puisi bebas, (2) bagaimana perubahan kreatifitas siswa, (3) bagaimana meningkatkan motivasi siswa kelas VIII MTs Alhamidiyyah Demak dengan metode pembelajaran berbasis masalah berbantu musik instrumental. Tujuan penelitian untuk mendeskripsikan peningkatan keterampilan menulis puisi bebas siswa, mendeskripsikan perubahan kretifitas siswa, dan mendeskripsikan peningkatan motivasi belajar siswa kelas VIIIA MTs Alhamidiyyah Demak dengan metode pembelajaran bebasis masalah berbantu musik instrumental. Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas (PTK) dengan tiga siklus, yaitu siklus I, siklus II, dan siklus III dengan batas ketuntasan minimal 70. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, tindakan dan observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah keterampilan menulis puisi bebas pada siswa VIIIA MTs Alhamidiyyah Demak. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes dan nontes. Teknik tes berupa menulis puisi bebas dan teknik nontes berupa, observasi, angket, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian yang dilakukan menggunakan penelitian kuantitatif dan kualitatif. Peningkatan hasil tes siswa pada siklus I mendapatkan nilai sebesar 53,07; siklus II mendapatkan nilai sebesar 70,4; siklus III mendapatkan nilai sebesar 78,5. Sehingga terjadi peningkatan dari tiap siklus. Hasil nontes observasi sikap siklus I siswa mendapatkan rata-rata sikap kurang baik, siklus II siswa mendapatkan rata-rata sikap baik, dan siklus III siswa mendapatkan rata-rata sikap sangat baik. Hasil nontes berupa observasi motivasi pada siklus I siswa mendapatkan rata-rata motivasi kurang baik, siklus II siswa mendapatkan rata-rata motivasi baik, siklus III siswa mendapatkan rata-rata motivasi sangat baik. Pada angket sikap siklus I mendapatkan nilai rata-rata sebesar 61,6%, siklus II mendapatkan nilai rata-rata sebesar 65,8%, dan siklus III mendapatkan nilai rata-rata 68,8%. Angket motivasi siklus I mendapatkan nilai rata-rata 56,7%, siklus II mendapatkan nilai rata-rata 65,4%, dan siklus III mendapatkan nilai rata-rata 80,9%. 
Institution Info

Universitas Islam Sultan Agung