DETAIL DOCUMENT
PEMBELAJARAN MEANS-ENDS ANALYSIS BERBANTUAN POP-UP BOOK TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA POKOK BAHASAN SEGIEMPAT
Total View This Week0
Institusion
Universitas Islam Sultan Agung
Author
Maulidiyah, Sri
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2018-02-13 03:42:27 
Abstract :
Kata Kunci : Means-Ends Analysis, Pop-Up Book, Kemampuan Pemecahan Masalah. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pembelajaran Means-Ends Analysis berbantuan Pop-up Book serta mengetahui perbedaan kemampuan pemecahan masalah peserta didik SMP Ky.Ageng Giri, Mranggen, Demak pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Adapun kriterianya yaitu: (1) mendeskripsikan proses pembelajaran Means-ends analysis berbantuan Pop-up Book, (2) rata-rata kemampuan pemecahan masalah peserta didik yang dikenai pembelajaran Means-Ends Analysis berbantuan Pop-Up Book dapat mencapai ketuntasan yaitu 72; (3) rata-rata kemampuan pemecahan masalah peserta didik pembelajaran Means-Ends Analysis berbantuan Pop-Up Book lebih baik dibanding rata-rata kemampuan pemecahan masalah peserta didik pembelajaran konvensional. Penelitian ini menggunakan metode mixed methods (campuran). Populasi pada penelitian ini adalah peserta didik kelas VII SMP Ky. Ageng Giri, Mranggen, Demak tahun ajaran 2016/2017. Subjek wawancaran pada penelitian ini adalah dua peserta didik. Teknik memilih subjek wawancara dilakukan dengan teknik purposive sampling. Pada penelitian ini dipilih dua kelas sampel dengan menggunakan teknik cluster random sampling. Sampel penelitian ini yaitu kelas VII E sebagai kelas eksperimen menggunakan pembelajaran means-ends analysis berbantuan pop-up book dan kelas VII D sebagai kelas kontrol menggunakan pembelajaran konvensional. engumpulan data penelitian ini menggunakan metode observasi, metode wawancara dan metode tes. Analisis data menggunakan penilaian observer dan pegujian data dengan ?=5% meliputi uji sampel, uji instrument tes dan uji hipotesis penelitian. Peneliti menggunakan uji t satu sampel independen dan uji t dua sampel independen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) hasil observasi kemampuan guru mengelola pembelajaran menunjukkan rata-rata persentase yaitu 92,45%, dapat diartikan bahwa kemampuan guru mengelola pembelajaran sangat baik danhasil observasi aktivitas peseta didik menunjukkan rata-rata persentase yaitu 89,1%, dapat diartikan bahwa aktivitas peserta didik sangat baik; (2) hasil one sampel test diperoleh mean 80,30 dan nilai sig. (2-taield) = 0,024 < 0,05, dapat diartikan bahwa kemampuan pemecahan masalah kelas eksperimen mencapai ketuntasan yaitu 72; (3) hasil Independen T Test menunjukkan rata-rata kemampuan pemecahan masalah kelas eksperimen sebesar 80,30 lebih baik dibanding rata-rata kemampuan pemecahan masalah kelas konrol sebesar 76,59 denan selisih sebesar 3,71. Oleh karena itu pembelajaran means-ends analysis berbantuan pop-up book meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika peserta didik. 
Institution Info

Universitas Islam Sultan Agung