DETAIL DOCUMENT
MENINGKATKAN TANGGUNG JAWAB DAN PRESTASI BELAJAR PKn MATERI SISTEM PEMERINTAHAN TINGKAT PUSAT MELALUI MODEL INDEX CARD MATCH DI KELAS IV SD NEGERI KARASGEDE
Total View This Week0
Institusion
Universitas Islam Sultan Agung
Author
WATINI, WATINI
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2018-02-13 03:42:52 
Abstract :
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan tanggung jawab dan prestasi belajar mata pelajaran Pkn melalui model Index Card Match di kelas IV SDN Karasgede, kecamatan lasem, kabupaten rembang. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas sebanyak 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV Karasgede yang berjumlah 22 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, angket, tes dan dokumentasi. Adanya peningkatan tanggung jawab siswa yang ditunjukan dalam setiap siklusnya pada sikap tanggung jawab siswa siklus I pertemuan I diperoleh 4 siswa mencapai kategori sangat baik dengan presentase 18,18%, siklus I pertemuan II diperoleh 19 siswa mencapai kategori sangat baik dengan presentase 81,82%, siklus II pertemuan II diperoleh 19 siswa mencapai kategori sangat baik dengan presentase 86,36%, siklus II pertemuan II diperoleh 2 siswa mencapai kategori sangat baik dengan presentase 90,91%. Hasil penelitian prestasi belajar siswa dengan jumlah nilai pada siklus I 1420 dengan klasikal ketuntasan prestasi 63,63% dengan nilai rata-rata kelas 64,54, pada siklus II prestasi belajar siswa dengan jumlah nilai 1810 dengan klasikal ketuntasan prestasi 86,36% dengan nilai rata-rata kelas 82.27. Dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Index Card Match dapat meningkatkan sikap tanggung jawab dan prestasi belajar siswa. Kata kunci : tanggung jawab, prestasi belajar, Pkn, Model pembelajaran Index Card Match 
Institution Info

Universitas Islam Sultan Agung