DETAIL DOCUMENT
PENINGKATAN CINTA TANAH AIR DAN PRESTASI BELAJAR IPS MELALUI PEMBELAJARAN TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION BERBANTUAN MEDIA VIDEO KELAS V SDN KARANGROTO 02
Total View This Week0
Institusion
Universitas Islam Sultan Agung
Author
Aryatama, Bima
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2018-02-13 03:43:57 
Abstract :
Tujuan penelitian ini adalah: untuk meningkatkan sikap cinta tanah air dan prestasi belajar siswa melalui model pembelajaran Team Assisted Individualization berbantuan media video mata pelajaran IPS kelas V SDN Karangroto 02. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dengan 2 siklus. Tiap siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subyek penelitian adalah siswa kelas V SDN Karangroto 02 yang berjumlah 40 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan observasi. Adanya peningkatan cinta tanah air dan prestasi belajar siswa yang ditunjukan dengan peningkatan sikap cinta tanah air siswa pada siklus I dengan persentase ketuntasan kelas 82% dengan kriteria cinta tanah air sangat baik. Pada siklus II dengan persentase ketuntasan kelas 85% dengan kriteria cinta tanah air sangat baik. Prestasi belajar siswa pada siklus I diperoleh 58%. Pada siklus II diperoleh 83%. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Team Assisted Individualization dapat meningkatkan cinta tanah air dan prestasi belajar siswa kelas V SDN Karangroto 02. Kata kunci : Cinta Tanah Air, Prestasi Belajar, Team Assisted Individualization, Media Video 
Institution Info

Universitas Islam Sultan Agung