DETAIL DOCUMENT
PENINGKATAN MINAT DAN PRESTASI BELAJAR IPS MELALUI MODEL LEARNING START WITH A QUESTION BERBANTUAN MEDIA AUDIO VISUAL DI KELAS V SDN PANDEAN LAMPER 04
Total View This Week0
Institusion
Universitas Islam Sultan Agung
Author
Rahayu, Della Puji
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2018-02-13 03:44:03 
Abstract :
Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk meningkatkan minat dan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS yang masih kurang di kelas V SDN Pandean Lamper 04 melalui model pembelajaran Learning Start With A Question berbantuan media Audio Visual. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklusnya terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan tindakan. Subyek penelitian adalah siswa kelas V SDN Pandean Lamper 04 tahun ajaran 2016/2017 yang berjumlah 28 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes dan non tes. Adanya peningkatan minat dan prestasi belajar siswa ditunjukkan dengan minat siswa pada siklus I sebesar 74% dengan kriteria minat baik dan pada siklus II meningkat sebesar 83% dengan kriteria minat sangat baik. Selain itu, peningkatan prestasi belajar siswa pada siklus I sebesar 67,85% dan pada siklus II meningkat sebesar 89,28%. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran. Learning Start With A Question berbantuan media Audio Visual dapat meningkatkan minat dan prestasi belajar IPS siswa kela V SDN Pandean Lamper 04. Kata kunci : Minat, prestasi belajar, model pembelajaaran Learning Start With A Question, media Audio Visual 
Institution Info

Universitas Islam Sultan Agung