DETAIL DOCUMENT
PENINGKATAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN IPS MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK TALK WRITE BERBANTUAN MEDIA GAMBAR DI KELAS III SDN KARANGASEM 01
Total View This Week0
Institusion
Universitas Islam Sultan Agung
Author
Ningrum, Diyah
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2018-02-13 03:44:15 
Abstract :
Diyah Ningrum. NIM 34301300256. Peningkatan Motivasi dan Prestasi Belajar Siswa Mata Pelajaran IPS Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write Berbantuan Media Gambar Di Kelas III SDN Karangasem 1. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Islam Sultan Agung Semarang. 2017. Latar belakang dari penelitian ini adalah karena kurangnya motivasi siswa dan prestasi belajar IPS. Hal tersebut disebabkan karena kurang tertariknya siswa terhadap mata pelajaran IPS dan guru kurang variatif dalam menerapkan model pembelajaran. Siswa cenderung tidak aktif, gaduh, kurang ikut serta dalam mengikuti proses pembelajaran dan kesulitan dalam menyampaikan pendapat sehingga menghambat proses belajar mengajar. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan sikap motivasi siswa dan prestasi belajar IPS siswa kelas III SD. Subyek Penelitian adalah siswa kelas V SD Negeri Karangasem 1 Sayung Demak. Dengan jumlah 40 siswa, yang terdiri dari 24 siswa laki-laki dan 16 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi dan tes evaluasi. Hasil penelitian ini menunjukkan terjadi peningkatan sikap motivasi siswa dan prestasi belajar IPS yang signifikan. Hal ini ditunjukkan dengan observasi sikap motivasi siswa yang ada pada siklus I dengan jumlah skor 2103 dan persentase 70,10% dan termasuk pada kriteria motivasi tinggi, kemudian meningkat pada siklus II dengan jumlah skor 2625 dan persentase 87,50% dan termasuk pada kriteria motivasi sangat tinggi. Adanya peningkatan prestasi belajar IPS yang ditunjukkan dengan nilai rata-rata hasil tes evaluasi sebesar 70,25 dan ketuntasan belajar 62,50% pada siklus I. Kemudian pada siklus II meningkat dengan nilai rata-rata 87,25 dan ketuntasan belajar mencapai 90%. Dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write berbantuan media gambar dapat meningkatkan motivasi siswa dan prestasi belajar IPS kelas III SDN Karangasem 1. Saran yang dapat peneliti sampaikan adalah hendaknya guru selalu menggunakan model pembelajaran yang tepat dan sesuai dengan materi, agar siswa lebih berperan aktif dalam proses belajar mengajar di kelas sehingga siswa akan lebih mudah memahami materi dan mendapatkan hasil belajar yang optimal. Kata Kunci : pembelajaran kooperatif, Think Talk Write, prestasi belajar, motivasi 
Institution Info

Universitas Islam Sultan Agung