DETAIL DOCUMENT
PENGARUH MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR IPA MATERI LINGKUNGAN MENGGUNAKAN MODEL INKUIRI BERBANTUAN SUMBER BELAJAR LINGKUNGAN SEKOLAH DI KELAS III SDN GEBANGSARI 01
Total View This Week0
Institusion
Universitas Islam Sultan Agung
Author
Faza, Faizal Hafiz
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2018-02-13 03:44:42 
Abstract :
Tujuan dari penelitian ini adalah: Mengetahui ada atau tidaknya pengaruh motivasi terhadap prestasi belajar IPA menggunakan model pembelajaran inkuiri berbantuan sumber belajar lingkungan sekolah siswa kelas III SDN Gebangsari 01, kecamatan Genuk, Kota Semarang. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif tipe Pre-Experimentasl Design model One-Shootcase. Subjek Penelitian ini adalah siswa kelas III A SDN Gebangsari 01 yang berjumlahkan 39 siswa, teknik pengumpulan data menggunakan tes, angket, dan observasi. Tes di gunakan guna mencari prestasi belajar yang di dapatkan setelah di lakukanya treatment, angket di gunakan untuk mengukur motivasi yang telah di dapatkan oleh siswa, sedangkan observai di gunakan guna mengetahui cara guru dalam mengajar menggunakan model inkuiri. Teknik analisis data yang di gunakan pada penelitian ini adalah regresi linier sederhana guna mengetahui apakah ada pengaruh atau tidak motivasi terhadap prestasi belajar, dan menggunakan uji t, tepatnya one sample test guna mengetahui apakah nilai prestasi belajar siswa sudah meemenuhi KKM atau belum. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) adanya pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar, di tunjukan dengan regresi y = 47,390 + 0,465x, artinya di dapatkan nilai prestasi belajar sebesar 47,390 jika tidak di berikan motivasi, dan sebaliknya bertambahnya nilai sebasar 0,465 bila di berikan motivasi. (2) tercapainya nilai prestasi belajar melebihi KKM yang di berikan oleh guru sebesar 65 di mana di tunjukan dengan adanya nilai signifikan sebasar 0,80. Kata kunci: Motivasi dan Prestasi belajar 
Institution Info

Universitas Islam Sultan Agung