DETAIL DOCUMENT
PENINGKATAN TANGGUNG JAWAB DAN PRESTASI BELAJAR IPA MELALUI METODE EKSPERIMEN DI KELAS III SD NEGERI GEBANGSARI 01 SEMARANG
Total View This Week0
Institusion
Universitas Islam Sultan Agung
Author
Sofiah, Hida Mawaridhotus
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2018-02-13 03:45:18 
Abstract :
Tujuan penelitian ini adalah: Untuk meningkatkan tanggung jawab dan prestasi belajar mata pelajaran IPA melalui metode eksperimen di kelas III SDN Gebangsari 01 Semarang, kecamatan genuk, kota semarang. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas sebanyak 2 siklus. Tiap siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subyek penelitian adalah siswa kelas III A SDN Gebangsari 01 yang berjumlah 32 siswa. Tekhnik pengumpulan data menggunakan observasi, angket dan tes. Adanya peningkatan tanggung jawab siswa ditunjukkan dengan peningkatan indikator tanggung jawab siswa pada setiap siklusnya. Pada siklus I pertemuan pertama memperoleh skor 1266 dengan presentase 79,12% dengan kriteria baik dan pertemuan kedua memperoleh skor 1368 dengan presentase 85,5% dengan kriteria sangat baik. Adanya peningkatan prestasi belajar siswa yang ditunjukkan dengan peningkatan prestasi belajar pada setiap siklusnya. Pada siklus I dengan nilai rata-rata 75,84 dan presentase ketuntasan 75%. Pada siklus II dengan nilai rata-rata 85,53 dan presentase ketuntasan 87,5%. Berdasarkan hasil penelitian diatas maka dapat disimpulkan bahwa metode eksperimen dapat meningkatkan tanggung jawab dan prestasi belajar IPA dikelas III SD Negeri Gebangsari 01 Semarang. Kata kunci: Tanggung jawab, Prestasi belajar, Eksperimen. 
Institution Info

Universitas Islam Sultan Agung