DETAIL DOCUMENT
PENINGKATAN TANGGUNG JAWAB DAN PRESTASI BELAJAR IPS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN AUDITORY INTELLECTUALY REPETITION (AIR) BERBANTUAN MEDIA VISUAL DI KELAS V SDN BANGETAYU KULON
Total View This Week0
Institusion
Universitas Islam Sultan Agung
Author
Nuraini, Iffah
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2018-02-13 03:45:31 
Abstract :
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan sebanyak 2 siklus. Tiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pembahasan dan refleksi. Subyek penelitian adalah siswa kelas V SDN Bangetayu Kulon Semarang yang berjumlah 43 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, angket, wawancara, dokumentasi dan tes. Adanya peningkatan tanggung jawab siswa ditunjukan dengan peningkatan indikator tanggung jawab siswa dalam setiap siklusnya. Pada siklus I memperoleh skor sebanyak 1378dengan presentase 80,11% termasuk kriteria tanggung jawab baik. Pada siklus II memperoleh skor sebanyak 1521 dengan persentase 88,43% termasuk kriteria tanggung jawab sangat baik. Adanya peningkatan prestasi belajar siswa yang ditunjukkan dengan peningkatan prestasi belajar pada setiap siklusnya. Pada siklus I dengan nilai rata-rata 70,1 dan persentase ketuntasan kelas 81,4%. Pada siklus II dengan nilai rata-rata 74,4 dan persentase ketuntasan kelas 90,7%. Berdasarkan hasil penelitian di atas, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan model Auditory Intellectualy Repetition berbantuan media visual dapat meningkatkan tanggung jawab dan prestasi belajar IPS di kelas V SDN Bangetayu Kulon, Kecamatan Genuk Kota Semarang. Kata Kunci : Tanggung Jawab, Prestasi Belajar, Auditori Intellectualy Repetition 
Institution Info

Universitas Islam Sultan Agung