DETAIL DOCUMENT
PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBICARA MATERI BERMAIN DRAMA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN BAMBOO DANCING DI KELAS V SDN KARANGREJO 01 BONANG DEMAK
Total View This Week0
Institusion
Universitas Islam Sultan Agung
Author
Putri, Khoirisa Aftika
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2018-02-13 03:45:50 
Abstract :
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan berbicara bermain drama mata pelajaran Bahasa Indonesia melalui model pembelajaran bamboo dancing di kelas V SDN Karangrejo 01 Kecamatan Bonang Kabupaten Demak. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) sebanyak 2 siklus. Tiap siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Karangrejo 01 Bonang yang berjumlah 38 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan berbicara siswa dalam bermain drama pada siklus I memperoleh jumlah 438 dengan nilai rata-rata kelas 57% dengan kriteria cukup baik meningkat pada siklus II dengan memperoleh jumlah 650 dengan nilai rata-rata kelas 86% dengan kriteria sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan 2 siklus diatas, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Bamboo Dancing (tari bambu) dapat meningkatkan keterampilan berbicara dengan materi bermain drama pada siswa kelas V SDN Karangrejo 01 Bonang-Demak. Kata Kunci : Keterampilan Berbicara, Bermain Drama, Model Bamboo Dancing (Tari Bambu) 
Institution Info

Universitas Islam Sultan Agung