DETAIL DOCUMENT
PENINGKATAN RASA INGIN TAHU DAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL TAKE AND GIVE MATA PELAJARAN IPA KELAS III SDN GEBANGSARI 02
Total View This Week0
Institusion
Universitas Islam Sultan Agung
Author
Maharani, Lastika
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2018-02-13 03:45:56 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan rasa ingin tahu dan hasil belajar siswa melalui model Take and Give pada kelas III SDN Gebangsari 02 Semarang. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 2 siklus. Setiap siklusnya terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan tindakan. Subjek penelitian adalah siswa kelas III SDN Gebangsari 02 Semarang yang berjumlah 43 siswa. Penilaian pada penelitian ini menggunakan teknik tes dan non tes. Teknik tes digunakan untuk mengukur hasil belajar siswa sedangkan teknik non tes digunakan untuk mengukur rasa ingin tahu siswa menggunakan lembar angket rasa ingin tahu. Adanya peningkatan rasa ingin tahu dan hasil belajar siswa ditunjukkan dengan rasa ingin tahu siswa dengan rata-rata presentase pada siklus I sebesar 62% dengan kriteria rasa ingin tahu siswa baik dan pada siklus II rasa ingin tahu siswa meningkat sebesar 87% dengan kriteria rasa ingin tahu sangat baik. Selain itu penigkatan hasil belajar siswa pada siklus I dengan rata-rata presentase sebesar 40% dan pada siklus II meningkat sebesar 93%. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Take and Give dapat meningkatkan rasa ingin tahu siswa dan hasil belajar siswa kelas III SDN Gebangsari 02 Semarang. Kata Kunci : Rasa Ingin Tahu, Hasil Belajar, Model Take and Give 
Institution Info

Universitas Islam Sultan Agung