DETAIL DOCUMENT
EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN TIPE MAKE A MATCH TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA PADA KELAS II SD NEGERI TAMBAKROTO
Total View This Week0
Institusion
Universitas Islam Sultan Agung
Author
Sopiatun, Sopiatun
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2018-02-13 03:47:58 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya perbedaan kemampuan pemahaman konsep matematika yang menerapkan model pembelajaran tipe make a match dengan kemampuan pemahaman konsep matematika yang menerapkan pembelajaran konvensional dan mengetahui kemampuan pemahaman konsep pada pembelajaran matematika yang menerapkan model pembelajaran tipe make a match memenuhi KKM. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas II SD Negeri Tambakroto tahun ajaran 2017/2018 yang berjumlah 58 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik sampling sistematis, yaitu berdasarkan nomor urut yaitu ganjil dan genap. Nomor genap sebagai kelas kontrol dan ganjil sebagai kelas eksperimen. teknik pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi, wawancara, observasi, dan tes. Jenis penelitian yang digunakan adalah Pre Eksperimental Design dengan Desain Intact Group Comparison. Analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, uji Independent Sample T Test dan uji One Sample T Test semua perhitungan diolah menggunakan program SPSS versi 16. Dari hasil penelitian yang dilakukan uji Independent Sample T Test yaitu thitung = -4.312 dan ttabel = 2,003 dengan signifikansi 0,000, maka 0,000 < 0,05. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan kemampuan pemahaman konsep matematika yang menerapkan model pembelajaran tipe make a match dengan kemampuan pemahaman konsep matematika yang menerapkan pembelajaran konvensional. Untuk uji One Sample T Test yaitu thitung = 7.413 dan ttabel = 2,051 dengan signifikansi 0,000, maka 0,000 < 0,05. Dengan demikian, kemampuan pemahaman konsep pada pembelajaran matematika yang menerapkan model pembelajaran tipe make a match memenuhi KKM. Kata Kunci : model pembelajaran tipe make a match, pemahaman konsep matematika 
Institution Info

Universitas Islam Sultan Agung