DETAIL DOCUMENT
PENINGKATAN KREATIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR IPS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN CONCEPT SENTENCE DI KELAS III SD NEGERI BANGETAYU KULON SEMARANG
Total View This Week0
Institusion
Universitas Islam Sultan Agung
Author
Janah, T. Miftachul
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2018-02-13 03:48:11 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kreativitas dan prestasi belajar pada mata pelajaran IPS dengan menggunakan model pembelajaran Concept Sentence, yang dilaksanakan di kelas III SDN Bangetayu Kulon Kecamatan Genuk Kota Semarang. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan sebanyak 2 siklus. Tiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pembahasan, dan refleksi. Subjek penelitian adalah kelas III SD Negeri Bangetayu Kulon yang berjumlah 42 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, angket, dokumentasi dan tes. Adanya peningkatan kreativitas siswa ditunjukkan pada siklus I memperoleh persentase sebanyak 77,14% menunjukkan kategori kreatif. Pada siklus II meningkat memperoleh persentase sebanyak 85,59% menunjukkan kategori sangat kreatif. Adanya peningkatan prestasi belajar ditunjukkan pada siklus I memperoleh persentase sebanyak 71,42% dan meningkat pada siklus II sebanyak 88,09%. Berdasarkan hasil penelitian di atas, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan model Concept Sentence dapat meningkatkan kreativitas dan prestasi belajar IPS di kelas III SDN Bangetayu Kulon Semarang. Kata Kunci : Kreativitas, Prestasi Belajar, Concept Sentence 
Institution Info

Universitas Islam Sultan Agung