Abstract :
Penelitian ini dilaksanakan di Madrasah Aliyah Negeri
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pendidikan
akhlak yang dilaksanakan di MAN Kasipute, baik dari aspek tujuan, materi
maupun metode pendidikan akhlak. Disamping itu penelitian ini juga dilakukan
untuk mengetahui akhlak siswa yang merupakan output dari pendidikan akhlak di
MAN Kasipute, serta untuk mengetahui faktor pendukung dan faktor penghambat
pendidikan akhlak di MAN Kasipute.
Teknik pengambilan sampel adalah purposive sampling, yang mana
informan kunci adalah kepala madrasah. Teknik tersebut juga menggunakan
snowball sampling. Peng?mbilan sampel terhadap informan: guru BK, guru
Akidah Akhlak, guru Qur?an Hadits, guru Matematika, beberapa orang siswa,
pemilik kantin dan satpam madrasah. Pengumpulan data menggunakan teknik
observasi partisipan, wawancara dan dokumentasi. Uji keabsahan data
menggunakan peningkatan ketekunan pengamatan, triangulasi, dan member chek.
Adapun teknik analisis selama di lapangan yaitu analisis domain, analisis
taksonomi, dan analisis tema cultural.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidikan akhlak di MAN
Kasipute berjalan dengan baik, baik dari aspek tujuan, materi dan metode. Tujuan
pendidikan akhlak yaitu mendapatkan ridha Allah, mewujudkan akhlak terpuji,
dan menghindarkan diri dari perbuatan tercela. Adapun materi pendidikan akhlak
yaitu akhlak terhadap Allah, akhlak terhadap diri sendiri, akhlak terhadap sesama
siswa dan akhlak terhadap guru. Pendidikan akhlak dilaksanakan dengan
menggunakan metode keteladanan, pembiasaan, pemberian nasihat,
ganjaran/sanksi. Sementara itu akhlak siswa yang merupakan output dari
pendidkan ak??? ? ? N Kasipute adalah bahwa siswa memiliki akhlak terpuji
terhadap Allah, terhadap diri sendiri, terhadap teman dan terhadap guru. Adapun
faktor pendukung pelaksanaan pendidikan akhlak adalah adanya dukungan penuh
dari pihak sekolah, yaitu didukung oleh seluruh guru tidak hanya terbatas pada
guru-guru PAI saja. Sementara faktor penghambat pendidikan akhlak adalah
belum tersedianya musholla di madrasah.
Kata kunci: Pendidikan, Akhlak, Siswa