Abstract :
Penelitian ini disusun berdasarkan fenomena yang terjadi dengan akhlak peserta
didik di Madrasah Tsanawiah Negeri Lasusua Kabupaten Kolaka Utara Sulawesi
Tenggara. Penelitian ini dibuat dengan tujuan untuk mengetahui secara jelas peran
guru Pendidikan Agama Islam dalam pembinaan akhlak peserta didik, metode
yang digunakan oleh guru Pendidikan Agama Islam dalam pembinaan akhlak
peserta didik, gambaran akhlak peserta didik di MTs Negeri Lasusua Kolaka
Utara.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Informan kunci
dalam penelitian ini adalah semua guru Pendidikan Agama Islam di Madrasah
Tsanawiyah Negeri Lasusua. Data dikumpulkan dengan menggunakan teknik
observasi non partisipan, wawancara, dan dokumentasi. Uji keabsahan data
me?D??? ? ? ü? ngkatan ketekunan pengamatan, triang ulasi, analisis kasus
negatif, member check. Data dianalisis dengan teori Spradly yaitu analisis
domain, analisis taksonomi, analisis komponensial, dan analisis tema kultural.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru Pendidikan Agama Islam di Madrasah
Tsanawiyah Negeri Lasusua sangat berperan dalam pembinaan akhlak peserta
didik dan telah menfungsikan dirinya sebagai seorang pendidik profesional.
Metode yang digunakan oleh guru Pendidikan Agama Islam sangat variatif.
Metode tersebut efektif dalam pembinaan akhlak peserta didik. Akhlak peserta
didik di Madrasah Tsanawiyah Negeri Lasusua dapat dikatakan baik, hal ini dapat
dilihat dari wawancara terstruktur kepada 30 peserta didik yang menunjukkan
sikap hormat dan patuh kepada guru dan sesama peserta didik.
Kata Kunci: Peran guru Pendidikan Agama Islam, Pembinaan, Metode, Akhlak
siswa