DETAIL DOCUMENT
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBASIS ETNOMATEMATIKA TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA KELAS IV SDN 2 TERNADI
Total View This Week0
Institusion
Universitas Islam Sultan Agung
Author
Bayu Adityo Ardi (STUDENT ID : 34301500665)
Rida Rida (LECTURER ID : 0604048701)
Subject
LB1501 Primary Education 
Datestamp
2021-03-25 02:45:57 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran problem based learning berbasis etnomatematika terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa dan untuk mengetahui pencapaian KKM siswa setelah belajar menggunakan model pembelajaran problem based learning berbasis etnomatematika kelas IV. Kemampuan pemecahan masalah siswa di kelas kontrol yang menggunakan pembelajaran konvensional menunjukkan hasil nilai signifikansi yang menunjukkan angka 0,200 > 0,05. Ini membuktikan bahwa tidak terdapat pengaruh pembelajaran konvensional (X1) terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa (Y1). Selanjutnya hasil uji independent menunjukkan nilai signifikansi menunjukkan angka 0,00 < 0,05. Ini membuktikan bahwa terdapat perbedaan rata-rata nilai kemampuan pemecahan masalah siswa di kelas eksperimen dan kelas kontrol setelah diberikan pembelajaran; dan (2) Saat pretest, kelas eksperimen siswa yang tuntas atau mencapai KKM sebanyak 3 siswa sedangkan siswa yang tidak tuntas atau tidak mencapai KKM sebanyak 17 siswa. Sedangkan setelah posttest yang mencapai KKM sebanyak 16 siswa dan terdapat 4 siswa yang tidak tuntas atau tidak mencapai KKM. Kata Kunci: Etnomatematika, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika, Model Pembelajaran Problem Based Learning 
Institution Info

Universitas Islam Sultan Agung