Institusion
Universitas Islam Sultan Agung
Author
RUSTYANINGSIH, RETNO DEWI
Subject
HD28 Management. Industrial Management
Datestamp
2024-07-31 07:32:55
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kepuasan konsumen di
Puskesmas Menden Kecamatan Kradenan Kabupaten Blora melalui peningkatan
kepercayaan dan kualitas pelayanan. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian
eksplanatori asosiatif untuk mengetahui hubungan antara variabel-variabel tersebut.
Populasi penelitian adalah pasien Puskesmas Menden, dengan teknik pengambilan
sampel non-probability sampling melalui convenience sampling, melibatkan 150
responden. Data primer diperoleh dari kuesioner yang mengukur variabel kualitas
pelayanan, kepercayaan pasien, dan kepuasan pasien. Pengumpulan data dilakukan
menggunakan kuesioner tertutup dengan skala interval 1-5, dari Sangat Tidak Setuju
(STS) hingga Sangat Setuju (SS). Analisis data menggunakan metode Partial Least
Square (PLS) versi 4.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan kepuasan konsumen dapat
dicapai melalui peningkatan kepercayaan pasien dan kualitas pelayanan. Kesimpulan
penelitian ini mendukung bahwa: (1) kualitas pelayanan berpengaruh positif dan
signifikan terhadap kepercayaan pasien; (2) kualitas pelayanan berpengaruh positif
dan signifikan terhadap kepuasan pasien; (3) kepercayaan pasien berpengaruh positif
dan signifikan terhadap kepuasan pasien.
Kata Kunci : kualitas pelayanan; kepercayaan pasien; kepuasan pasien