DETAIL DOCUMENT
PERAN KUALITAS PELAYANAN DALAM MENINGKATKAN TRUST DAN KEPUASAN PENGGUNA LAYANAN DI PUSKESMAS MENDEN KABUPATEN BLORA
Total View This Week0
Institusion
Universitas Islam Sultan Agung
Author
RUSTYANINGSIH, RETNO DEWI
Subject
HD28 Management. Industrial Management 
Datestamp
2024-07-31 07:32:55 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kepuasan konsumen di Puskesmas Menden Kecamatan Kradenan Kabupaten Blora melalui peningkatan kepercayaan dan kualitas pelayanan. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian eksplanatori asosiatif untuk mengetahui hubungan antara variabel-variabel tersebut. Populasi penelitian adalah pasien Puskesmas Menden, dengan teknik pengambilan sampel non-probability sampling melalui convenience sampling, melibatkan 150 responden. Data primer diperoleh dari kuesioner yang mengukur variabel kualitas pelayanan, kepercayaan pasien, dan kepuasan pasien. Pengumpulan data dilakukan menggunakan kuesioner tertutup dengan skala interval 1-5, dari Sangat Tidak Setuju (STS) hingga Sangat Setuju (SS). Analisis data menggunakan metode Partial Least Square (PLS) versi 4. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan kepuasan konsumen dapat dicapai melalui peningkatan kepercayaan pasien dan kualitas pelayanan. Kesimpulan penelitian ini mendukung bahwa: (1) kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepercayaan pasien; (2) kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pasien; (3) kepercayaan pasien berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pasien. Kata Kunci : kualitas pelayanan; kepercayaan pasien; kepuasan pasien 
Institution Info

Universitas Islam Sultan Agung