Institusion
Universitas Islam Sultan Agung
Author
Musyadad, Ahmad
Subject
BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Datestamp
2024-07-31 01:59:26
Abstract :
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode lapangan. Populasi penelitian ini adalah siswa madrasah kelas 4 dan 5 Madin Al Hidayah Banjardowo Semarang. Sampel yang digunakan sebanyak 30 siswa. Metode pengumpulan data menggunakan penyebaran kuesioner (angket), observasi dan dokumentasi. Teknik analisis pada penelitian ini menggunakan analisis statistik deskriptif dengan bantuan perangkat lunak IBM SPSS statistic 25 for windows.
Hasil dari penelitian ini sesuai dengan akhlak siswa madin Al Hidayah yang sudah terdapat pada siswa berupa akhlak kepada Allah, diri sendiri, keluarga, masyarakat dan alam. telah membuktikan hipotesis yang diajukan terdapat pengaruh akhlak terhadap prestasi belajar siswa. Hal ini ditunjukkan dengan hasil perhitungan korelasi product moment, dimana rhitung diperoleh sebanyak 0,730 lebih besar dari rtabel sebanyak 0,463 pada taraf signifikansi 0,01 dan N = 30.
Sedangkan prestasi belajar siswa, skor prestasi mengikuti akhlak siswa. Apabila akhlak siswa baik skor prestasi tinggi, begitu pula sebaliknya. Jadi dapat dikatakan prestasi belajar memiliki pengaruh yang berbanding dengan akhlak siswa.
Kata kunci : Akhlak, Prestasi Belajar